Dark/Light Mode

Pemerintah Dan Pengusaha Kompak Dorong Penggunaan Produk Lokal

Jumat, 4 Agustus 2023 08:17 WIB
Dalam mewujudkan Gerakan Bangga Buatan Indonesia, pemerintah dan pengusaha kompak mendorong penggunaan produk lokal. (Foto: Istimewa)
Dalam mewujudkan Gerakan Bangga Buatan Indonesia, pemerintah dan pengusaha kompak mendorong penggunaan produk lokal. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mendorong agar pengadaan Produk Dalam Negeri (PDN) dapat terus ditingkatkan. Sebab realisasinya masih jauh dari target yang ditetapkan dalam rencana umum pengadaan (RUP) 2023.

Dari data Kementerian Keuangan (Kemenkeu), belanja pengadaan PDN baru mencapai Rp 387,81 triliun yang berasal dari 768 ribu paket pengadaan atau sekitar 35 persen dari target dalam RUP target belanja pengadaan mencapai Rp 1.112,5 triliun yang berasal dari 5,3 juta paket pengadaan.

Baca juga : Yasonna Laoly: Pemerintah Komit Dukung Produk Dalam Negeri

Untuk itu, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), bersama Kadin Indonesia menyelenggarakan acara Temu Bisnis (Business Matching) Tahap VI bertajuk 'Merdeka Belanja Produk Dalam Negeri, Wujudkan Kemandirian Bangsa' di Jakarta.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, butuh komitmen yang kuat agar PDN bisa digunakan secara masif.

Baca juga : Perlu Strategi Dan Kolaborasi Tekan Produksi Sampah Makanan

"Temu bisnis ini selaras dengan semangat peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-78, serta semangat dalam aksi afirmasi belanja PDN dan mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang telah digaungkan oleh Presiden Jokowi melalui Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022," katanya dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (4/8).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.