Dark/Light Mode

Erick: Beri Kesempatan Rakyat Punya Rumah Impian

BTN Gelar Akad Massal KPR 10 Ribu Unit Rumah

Rabu, 9 Agustus 2023 07:30 WIB
Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN) Nixon LP Napitupulu (kedua kiri) disaksikan Menteri Badan Usaha Milik Negara BUMN Erick Thohir (kiri) secara simbolis memberikan mock up rumah KPR Subsidi kepada debitur Bank BTN pada acara Akad Massal KPR Bank BTN di Tangerang, Banten, Selasa (8/8). (Foto: Humas BTN)
Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN) Nixon LP Napitupulu (kedua kiri) disaksikan Menteri Badan Usaha Milik Negara BUMN Erick Thohir (kiri) secara simbolis memberikan mock up rumah KPR Subsidi kepada debitur Bank BTN pada acara Akad Massal KPR Bank BTN di Tangerang, Banten, Selasa (8/8). (Foto: Humas BTN)

 Sebelumnya 
“Target BTN tersebut, sekitar 80 persen dari total target Pe­merintah 2023, baik KPR FLPP maupun KPR Tapera yang sekitar 230.000 unit. Semoga di Oktober nanti, habis semua,” harapnya.

Untuk mencapai target terse­but, kata dia, salah satu yang dilakukan ada berkolaborasi dengan BP Tapera meluncurkan produk Tabungan BTN Rumah Tapera.

Ia berharap, produk tabungan ini dapat dimanfaatkan oleh kalangan pekerja informal untuk bisa mendapatkan pembiayaan rumah subsidi melalui KPR berskema FLPP.

Kerja sama dengan BP Tapera (Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat) akan mengakomodasi para pekerja sektor informal, yang belum memiliki rumah melalui skema Saving Plan. Sehingga diharapkan po­tensi pembiayaan rumah untuk sektor informal akan menambah sekitar 5.000 unit.

Baca juga : Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Relawan Herviano Gelar Senam Sehat

“Ini setara dengan potensi penambahan penyerapan nilai pembiayaan sekitar Rp 800 miliar hingga akhir tahun ini,” jelas Nixon.

Ia menambahkan, dalam beberapa tahun terakhir, pihaknya sangat concern terhadap pemenuhan rumah untuk kaum milenial.

Bahkan, realisasi KPR Subsidi pada periode tahun 2020 hingga Juli 2023 didominasi kaum mile­nial sekitar 90,94 persen.

Adapun di tahun 2020, kaum milenial menyerap KPR Subsidi sebanyak 92.448 unit senilai Rp 13 triliun. Lalu, di tahun 2021 angkanya mengalami kenaikan menjadi 96.700 unit, atau senilai Rp 13,728 triliun.

Baca juga : BNI Griya Sinergi Dengan Perumnas Gelar 276 Akad Massal

Begitu juga di tahun 2022, angkanya kembali naik menjadi 123.133 unit atau senilai Rp 18 triliun dan pada Juli 2023 ang­kanya telah mencapai 62.672 unit, atau senilai Rp 9,4 triliun.

“Jadi, kaum milenial sangat besar dalam menyerap pembiayaan perumahan di Bank BTN,” ucapnya.

Salah satu pengunjung di ge­laran akad KPR Massal ini, Putri (25) mengaku, dirinya tertarik mengambil hunian di Perumahan Puri Delta Tigaraksa, Tangerang, karena harganya terjangkau.

“Saya ambil satu rumah, yang type Anggrek itu luasnya 30/60. Harganya sekitar Rp 190 juta dan saya bisa kredit selama 15 tahun, dengan bunga flat,” tuturnya, saat berbincang dengan Rakyat Merdeka.

Baca juga : KPK Amankan Uang 100 Ribu Dolar Singapura

Puteri mengaku BTN telah membantunya untuk memi­liki rumah impian jika kelak dia menikah. Apalagi, nanti­nya kawasan ini masih akan terus dikembangkan menjadi kota baru yang ada di wilayah Tangerang.

“Saya ingin tunjukkan ke orangtua, kalau di usia muda pun sudah bisa punya rumah sendiri,” pungkasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 9/8/2023 dengan judul Erick: Beri Kesempatan Rakyat Punya Rumah Impian, BTN Gelar Akad Massal KPR 10 Ribu Unit Rumah

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.