Dark/Light Mode

Jokowi Di Ultah Ke-56 ASEAN

Kobarkan Asia Tenggara Jadi Pusat Ekonomi Dunia

Rabu, 9 Agustus 2023 06:45 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat peringatan HUT ke-56 ASEAN di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Selasa (8/8/2023). Peringatan ke-56 tahun Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) itu mengusung tema Epicentrum of Growth. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pool/tom)
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat peringatan HUT ke-56 ASEAN di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Selasa (8/8/2023). Peringatan ke-56 tahun Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) itu mengusung tema Epicentrum of Growth. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pool/tom)

 Sebelumnya 
Untuk itu, Jokowi menekankan agar integrasi ekonomi di Asia Tenggara harus terus diperkuat.

“Hambatan perdagangan dengan mitra ASEAN harus dihilangkan, kerja sama ekonomi yang setara dan saling menguntungkan harus ditingkatkan,” sambungnya.

Jokowi turut menyebut bahwa berdasarkan survei yang dilaku­kan oleh EU-ASEAN Business Sentiment, ASEAN dinilai seba­gai kawasan dengan kesempatan ekonomi terbaik yaitu 63 persen, diikuti China 12 persen dan In­dia 8 persen.

Baca juga : Presiden Jokowi: ASEAN Harus Jadi Jangkar Perdamaian Dunia

Hasil survei tersebut juga menunjukkan bahwa dari seki­tar 600 pemimpin bisnis di Uni Eropa yang terlibat, 80 persen di antaranya melihat ASEAN sebagai kawasan yang penting dan ingin meningkatkan angka perdagangan dengan ASEAN.

Berdasarkan hal tersebut, Jokowi menilai kepercayaan terhadap ASEAN sangat tinggi. Dan sudah seharusnya diman­faatkan guna membangun Asia Tenggara yang sejahtera.

“Tugas kita menggunakan trust tersebut menggunakan kepercayaan tersebut untuk membangun Asia Tenggara yang sejahtera. Semua perlu kerja keras agar harapan tersebut dapat terwujud,” tuturnya.

Baca juga : Jokowi Puji Investasi Jabar, Pengamat Sebut Endorsement Buat RK

Asia Tenggara, menurut Jokowi, menjadi salah satu kawasan yang dipercaya para pengusaha dunia sebagai ka­wasan yang memiliki kesempa­tan ekonomi terbaik.

“ASEAN punya aset kuat un­tuk itu. Pertumbuhan ekonomi, bonus demografi dan keper­cayaan dunia sebagai kawasan dengan kesempatan ekonomi terbaik,” jelasnya.

Sebagai Ketua ASEAN tahun ini, Indonesia ingin meletakkan fondasi kuat bagi ASEAN, sehing­ga ASEAN mampu menghadapi tantangan dan tanggap dinamika dan memegang peran sentral.

Baca juga : Transportasi Makin Cepat Ekonomi Jabar Meningkat

Jokowi menegaskan, ASEAN sebagai kapal besar harus terus bergerak maju. Sebab, masalah yang terjadi di Myanmar juga menjadi tanggung jawab ASE­AN karena menyangkut kepentingan rakyat.

“Let us work together, to make ASEAN matters, Epicentrum of growth. Selamat ulang tahun ASEAN,” pungkasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 9/8/2023 dengan judul Jokowi Di Ultah Ke-56 ASEAN, Kobarkan Asia Tenggara Jadi Pusat Ekonomi Dunia

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.