Dark/Light Mode

Upgrade Aplikasi, KAI Grand Launching Access

Kamis, 10 Agustus 2023 21:02 WIB
Grand Launching aplikasi Access by KAI (Foto: Dok. KAI)
Grand Launching aplikasi Access by KAI (Foto: Dok. KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggelar grand launching aplikasi Access by KAI, di The Westin Jakarta, Kamis (10/8). Aplikasi Access merupakan revamp atau peningkatan kinerja aplikasi pemesanan tiket KA yang sebelumnya bernama KAI Access.

Latar belakang revamp KAI Access menjadi Access ini berdasarkan masukan dari para pelanggan di Playstore, App Store, Contact Center CC121, survei kepuasan pelanggan, serta konsultan KAI. Aplikasi ini diharapkan menjadi solusi modern yang KAI tawarkan bagi masyarakat untuk memfasilitasi perjalanan kereta api dengan fitur-fitur yang inovatif. Untuk menikmati fitur dan layanan tersebut, pengguna dapat melakukan update terlebih dahulu melalui Playstore ataupun Appstore.

“Aplikasi Access ini kami hadirkan untuk semakin mempermudah pelanggan dalam mengakses layanan digital untuk mendukung kebutuhan pengguna, sekaligus sebagai inovasi berbasis digital dari KAI dalam meningkatkan customer experience, dengan teknologi yang jauh lebih handal. Perubahan user interface (tampilan visual) yang jauh lebih fun dan youthful ditambah dengan berbagai pengayaan fitur dan layanan yang seamless harapannya dapat menunjang user experience yang lebih baik lagi,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Baca juga : Cawapres Anies, AHY Terancam Susi

Di samping peningkatan fitur yang sudah ada, KAI juga mengembangkan fitur layanan baru yang dapat membantu memenuhi kebutuhan pengguna. Ada empat fitur unggulan yang diusung KAI yaitu, trip planner, reservasi hotel, live tracking, dan loyalty point

KAI juga meningkatkan fitur lain untuk memberikan kemudahan pengguna dan pengembangan fitur sebagai bentuk adaptasi atas perkembangan zaman dan teknologi saat ini. Seperti pemesanan tiket commuterline, KA Bandara, LRT Jabodebek, single sign on, pendaftaran Face Recognition Boarding Gate, dan transfer tiket.

Salah satu peningkatan fitur unggulan terbaru yang saat ini bisa dimanfaatkan pengguna aplikasi Access adalah menu Trip Planner. Fitur ini memudahkan pelanggan dalam menyusun rencana perjalanan yang dapat disesuaikan dengan budget, waktu, dan preferensi wisata.

Baca juga : Universitas Pancasila Grand Launching Program Studi Perkeretaapian

Menu terbaru selanjutnya yang tersedia di aplikasi Access yaitu Reservasi Hotel. Fitur ini dihadirkan untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan KAI akan layanan penginapan dalam mendukung customer journey semakin lebih baik lagi.

Melalui upgrade aplikasi Access tersebut, pelanggan yang memesan makanan/minuman melalui menu Railfood sudah dapat menggunakan pembayaran melalui KAI Pay, serta dapat dilakukan pemesanan tiket kereta bersamaan dengan makanan/minuman. Sebelumnya, di dalam menu aplikasi KAI Access yang lama, pemesanan Railfood dilakukan secara terpisah dengan tiket kereta (Add ons).

Di samping itu, hadirnya aplikasi Access ditujukan sebagai aplikasi andalan masyarakat untuk berbagai kebutuhan di luar bertransportasi. Saat ini, masyarakat dapat memanfaatkan layanan PPOB (payment point online bank) seperti pembelian pulsa, paket data, dan token listrik.

Baca juga : Gibran Langsung Gaspol

Hingga Juni 2023, jumlah pengguna KAI Access tercatat sebanyak 12.419.711 register user dengan jumlah active user sebanyak 6.101.343 (termasuk member premium). KAI memberikan benefit member premium yaitu setiap transaksi pemesanan tiket KA jarak jauh komersial akan mendapat Railpoint. Railpoint tersebut dapat ditukarkan dengan tiket KA komersial dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

KAI mencatat, dalam kurun Januari-Juni 2023, pemesanan tiket kereta api didominasi melalui aplikasi KAI Access. Total transaksi pemesanan melalui KAI Access yaitu sebanyak 9.179.669 (61,77 persen), mitra B2B sebanyak 4.027.330 (27,10 persen), loket sebanyak 1.259.344 (8,47 persen), website KAI sebanyak 373.980 (2,52 persen), vending machine sebanyak 14.439 (0,10 persen), dan Contact Center 121 sebanyak 6.234 (0,04 persen).

“Kami berharap dengan diluncurkannya aplikasi Access ini akan semakin meningkatkan minat masyarakat terutama generasi milenial dan generasi Z dalam menggunakan layanan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, sehat, dan tepat waktu,” tutup Didiek.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.