Dark/Light Mode

Dukung TIFF 2023, Pupuk Kaltim Usung Tema Transformasi Industri

Selasa, 15 Agustus 2023 10:29 WIB
Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2023. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2023. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

 Sebelumnya 
Sejalan dengan prinsip Environment, Social dan Governance (ESG), pihaknya senantiasa berupaya mendorong inovasi produk yang ramah lingkungan, sebagai wujud kontribusi terhadap keberlanjutan.

Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan Pupuk Kaltim, meraih peringkat teratas dunia dalam penerapan ESG Risk Rating untuk sektor agrokimia dari Sustainalytics, sekaligus membawa perusahaan sebagai percontohan di tataran global.

“Ini kami terjemahkan dalam produk unggulan terbaru, yakni NPK Pelangi JOS yang merupakan pupuk satu-satunya dan pertama di Indonesia, yang menggabungkan keunggulan pupuk kimia dan pupuk hayati dalam satu produk (one application, double function)," jelasnya.

Menurutnya, hasil rata-rata penggunaan NPK Pelangi JOS menunjukkan kenaikan produktivitas dibandingkan perlakuan kebiasaan petani.

Seperti, komoditas padi di Sukosewu Bojonegoro Jawa Timur, yang naik hingga 36 persen dari sebelumnya.

Begitu juga, komoditas sawi putih di Cianjur Jawa Barat, baik sebesar 49 persen dari perlakuan biasa.

Baca juga : Semenster I 2023, KPK Terima 1.057 Laporan Korupsi, DKI Terbanyak

Lalu, komoditas kentang di Modoinding Minahasa Selatan juga mengalami kenaikan signifikan hingga 55 persen dari awalnya 9,9 ton per Hektare (Ha) menjadi 15,8 ton/Ha.

Terbaru, sambung Teguh, bawang merah di Magetan turut mendapatkan peningkatan produktivitas mencapai dua kali lipat dari sebelumnya.

"Tidak hanya untuk tanaman pangan, NPK Pelangi JOS juga cocok untuk jenis hortikultura. Ini bisa jadi pilihan bagi petani Tomohon dan Sulawesi Utara dalam meningkatkan produktivitas tanaman," katanya.

Teguh menambahkan, perseroan terus berinovasi melalui produk berkualitas dengan mengedepankan aspek lingkungan dalam mendukung sektor pertanian Indonesia. Sekaligus, menjaga ketahanan pangan dalam jangka panjang.

Perseroan juga mengarah kepada teknologi ramah lingkungan dan clean ammonia untuk pengurangan emisi karbon.

Hal ini sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap percepatan dekarbonisasi dengan target penurunan emisi sebanyak 32 persen pada 2030 dan Net Zero Emission pada 2060.

Baca juga : Dukung BUMN Fest 2023, PLN Pastikan Keandalan Pasokan Listrik Dan UPS

"Dari sisi produktivitas pertanian, kami  terus meningkatkan edukasi dengan mengenalkan keunggulan produk perusahaan pada berbagai kegiatan yang bersentuhan langsung dengan petani," ujar Teguh.

Ia menilai, ini merupakan langkah aktif perseroan mendorong peningkatan hasil pertanian dalam negeri.

Di kesempatan yang sama, Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk mengaku, penyelenggaraan TIFF 2023 diharapkan berdampak terhadap perekonomian masyarakat Kota Tomohon dan sekitarnya. Serta, menciptakan visi misi Tomohon sebagai kota wisata dunia.

Caroll memperkirakan, seluruh float bisa memanfaatkan 300 ribu lebih bunga hasil panen petani setempat dengan jenis Krisan, yang direncanakan mulai diekspor tahun depan.

"Untuk kegiatan ini, ada lebih dari 20 kelompok petani bunga yang terlibat. Sebagian ada yang tergabung bersama dekorator, dengan bunganya dari para petani lokal," kata Caroll.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi, keterlibatan seluruh pihak pada TIFF 2023.

Baca juga : Dukung Inovator Muda, Indah Kiat Sabet Penghargaan Inovasi SDG

Ia menegaskan, penyelenggaraan even ini bukan hanya sebagai hiburan dan atraksi bagi wisatawan, tapi juga memberdayakan ekonomi lokal.

Sandi menuturkan, bila satu float bisa membuka hingga 10 lapangan kerja langsung, maka dari kegiatan ini setidaknya bisa membuka peluang 300 lapangan kerja. Sehingga, dampaknya pada ekosistem industri bunga di Tomohon yang menjadi sangat besar.

"Dibandingkan dengan ajang serupa di Pasadena, TIFF 2023 jelas lebih berdampak pada perekonomian lokal karena para petani bunga diberdayakan termasuk UMKM lainnya,” pungkas Sandi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.