Dark/Light Mode

Dukung Gaya Hidup Zaman Now

Masyarakat Makin Gemari Sistem Transaksi Paylater

Kamis, 15 Juni 2023 07:30 WIB
Peluncuran Laporan Perilaku Konsumen e-Commerce Indonesia. (Foto: Dok. Kredivo)
Peluncuran Laporan Perilaku Konsumen e-Commerce Indonesia. (Foto: Dok. Kredivo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Layanan transaksi paylater makin digemari masyarakat, terutama kalangan Milenial dan Gen Z. Saat ini, penggunanya dua kali lipat lebih banyak dari kartu kredit.

Katadata Insight Center pada 2022 melakukan survei penggu­naan paylater dan kartu kredit di kalangan generasi Milenial dan Gen Z dengan jumlah responden sebanyak 5.204 orang secara daring. Hasilnya menyebutkan, sebanyak 7,6 persen generasi Milenial dan Gen Z menggunakan kartu kredit. Sedangkan pengguna paylater sebesar 13,6 persen.

Vice President Katadata In­sight Center Adek Media Roza mengatakan, paylater lebih banyak dipilih lantaran lebih mu­dah diakses masyarakat. Proses pendaftarannya relatif cepat dan proses pengajuannya juga mu­dah. Faktor tersebut menyebab­kan antusiasme masyarakat semakin tinggi dalam mencoba layanan paylater.

Baca juga : KST Dukung Ganjar Beri Bantuan Lampu Penerangan Ke Pul Truk Di Pandeglang Banten

“Di kalangan muda, pem­bayaran cicilan menggunakan paylater digunakan untuk mem­beli fashion dan aksesoris, pul­sa, gadget, dan elektronik rumah tangga, hingga makanan,” jelas Adek di acara diskusi, kemarin.

Pada kelompok Milenial, pay­later paling banyak digunakan untuk membeli gadget. Sedang pada Gen Z, paylater paling banyak digunakan untuk fashion dan aksesoris.

“Paylater sangat mendu­kung lifestyle anak zaman seka­rang alias zaman now,” katanya.

Baca juga : Usbat Ganjar Edukasi Masyarakat Medan Tentang Mandi Janabah

Paylater adalah metode pem­bayaran tanpa menggunakan kartu fisik, yang memungkinkan konsumen untuk melaku­kan transaksi sekarang dan melakukan pembayaran pada kemudian hari.

Dengan paylater, konsumen memiliki opsi untuk membayar dengan pilihan masa cicilan yang tersedia.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira memproyeksi, indus­tri financial technology (fintech) atau teknologi finansial yang sifatnya paylater, bakal mengalami peningkatan pengguna pesat pada 2024.

Baca juga : Bisnis Transportasi Dapat Angin Segar

Menurutnya, metode BNPL (Buy Now Paylater) pertumbuhannya akan terus positif. Paylater hadir tidak hanya menjadi chan­nel pinjaman, tapi metode tran­saksi. “Akses paylater digemari karena mudah dan tenornya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.