Dark/Light Mode

Raih Penghargaan AREA 2023, Pupuk Kaltim Perkuat ESG Melalui Inovasi Kitosan

Selasa, 11 Juli 2023 07:52 WIB
Pupuk Kaltim terus memperkuat ESG melalui inovasi kitosan. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
Pupuk Kaltim terus memperkuat ESG melalui inovasi kitosan. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) terus mendorong langkah perbaikan lingkungan, melalui inovasi dan pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang.

Salah satunya, inovasi olahan limbah cangkang rajungan menjadi pupuk kitosan cair, dengan konsep pemberdayaan berkelanjutan.

Baca juga : Salurkan 146 Hewan Kurban, Pupuk Kaltim Sasar 6.351 Mustahik Di Bontang

Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi mengatakan, program ini mengantarkan perusahaan meraih Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) 2023 kategori Social Empowerment, yang diterima secara virtual dari Phnom Penh Kamboja, pada 30 Juni 2023.

"Program inovasi kitosan cair, berawal dari cukup tingginya produksi limbah hasil laut di kawasan pesisir Kota Bontang," ujar Rahmad, melalui siaran pers, Selasa (11/7).

Baca juga : Sabet 2 Penghargaan, PKT Siap Genjot Percepatan Laju Dekarbonisasi Tanah Air

Ia mengungkapkan, masyarakat setempat yang berprofesi sebagai nelayan tangkap, hanya menjual hasil pemilahan rajungan dengan sisa cangkang yang terbuang begitu saja.

Menurutnya, penumpukan limbah didasari pola pikir tradisonal, yang masih beranggapan bahwa membuang limbah cangkang ke laut dapat mengurai bahan tersebut secara alami.

Baca juga : Menaker Ingin Perusahaan Prioritaskan Keselamatan Kerja

Namun kenyataannya, hal itu justru menimbulkan sedimentasi hingga menyebabkan kenaikan volume air dan pendangkalan dasar laut.

Melihat kondisi ini, pihaknya mengambil peran merubah pola pikir masyarakat dengan menggencarkan edukasi untuk mendorong kesadaran bersama, agar mengelola limbah dengan lebih bertanggung jawab.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.