Dark/Light Mode

Tingkatkan Kesuburan Lahan, Pupuk Indonesia Dan Jasa Raharja Gelar Program Jalan Dambaan

Rabu, 16 Agustus 2023 09:14 WIB
Program Jalan Dambaan yang digelar Pupuk Indonesia dan Jasa Raharja untuk meningkatkan kesuburan lahan di jalan tol. (Foto: Istimewa)
Program Jalan Dambaan yang digelar Pupuk Indonesia dan Jasa Raharja untuk meningkatkan kesuburan lahan di jalan tol. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Seperti kita ketahui, panjang Tol Trans Jawa saat ini mencapai 615 kilometer (Km). Di kanan-kiri ruas tol tersebut, mayoritas lahan pertanian dan fenomena pembakaran sisa panen masih banyak terjadi,” ucapnya.

Sementara itu, Senior Vice Presiden TJSL Pupuk Indonesia Rika Susanty menyampaikan, kegiatan ini merupakan respon Pupuk Indonesia dan Jasa Raharja atas fenomena kecelakaan lalu lintas di ruas jalan Tol Trans Jawa, yang dikaitkan dengan asap pembakaran Jerami yang menghalangi pengguna jalan tol.

Baca juga : Gandeng Jasa Raharja, Pupuk Indonesia Tekan Angka Kecelakaan Di Jalan Tol

"Program ini membantu petani untuk memanfaatkan jerami sisa panen sebagai penyubur tanah," kata Rika.

Menurutnya para petani diedukasi melakukan pengomposan di dalam lahan (insitu) dengan menggunakan Petrogladiator, salah satu produk biodekomposer dari Pupuk Indonesia Grup.

Baca juga : Rayakan HUT Ke-78 RI, Pemuda Dan Perempuan Ganjar Gelar Lomba Balap KarungĀ 

Program yang mengusung tagline “Lahan Sehat, Perjalanan Selamat” ini dimulai pada musim panen awal Agustus 2023 dengan luasan lahan mencapai 23 Hektare (Ha).

Adapun, sosialisasi kegiatan dimulai 12 Juli 2023 dengan melibatkan sebanyak 45 petani dari beberapa kelompok tani.

Baca juga : Wariskan Semangat Kebudayaan, Pena Mas Ganjar Gelar Pentas Seni Pelajar Di Pati

“Secara prinsip, Pupuk Indonesia siap berkolaborasi berkelanjutan dengan Jasa Raharja. Khususnya, program yang berkaitan dengan solusi pertanian,” pungkas Rika.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.