Dark/Light Mode

FERBI 2023, Bos BI Ajak Masyarakat Cintai Rupiah

Jumat, 18 Agustus 2023 20:13 WIB
Gubernur BI Perry Warjiyo pada acara Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023. (Foto: Ist)
Gubernur BI Perry Warjiyo pada acara Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka HUT RI ke-78, Bank Indonesia menghadirkan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023.

FERBI merupakan ajang edukasi uang rupiah, sebagai perhelatan yang dipersembahkan bagi seluruh khalayak untuk mencintai, bangga, dan memahami NKRI melalui apresiasi terhadap uang rupiah. 

FERBI yang mengangkat tema “Persatuan dalam Keberagaman"; #CintaRupiahCintaNKRI digelar di Istora Senayan, Jakarta, 18-20 Agustus 2023. 

Baca juga : Peringati HUT RI ke-78, YFMG Bagikan Sembako Ke Masyarakat Kota Kupang

Pada acara pembukaan FERBI, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyampaikan tiga cara memperingati kebanggaan dan kecintaan pada rupiah. Pertama, timbulkan rasa di hati untuk mencintai bangsa dengan mengingat para pahlawan. 

Kedua, bangga rupiah mendapatkan penghargaan sebagai uang terbaik di dunia dengan berbagai fiturnya yang aman. Ketiga adalah pahami rupiah, dengan memiliki cita-cita, menabung, dan belanja dengan cermat. 

“Kita menghadiahkan bangsa ini dengan uang Rupiah, sebagai uang terbaik di dunia pada tahun 2023. Hari ini adalah hari apresiasi bahwa Rupiah berdaulat di NKRI. Mari apresiasi para pejuang, para senior kita," kata Perry.

Baca juga : HUT Ke-78 RI, KPK Ajak Masyarakat Gelorakan Semangat Perjuangan Antikorupsi

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono mengatakan, FERBI menyajikan berbagai kegiatan bertema uang rupiah, di antaranya pameran uang rupiah, layanan penukaran uang rupiah, penjualan/penukaran uang rupiah khusus, penjualan uang kuno (numismatik). Acara ini juga diramaikan dengan acara hiburan baik lomba bertema kedaerahan bagi segala usia, hingga pentas musik. 

Hadir untuk memberikan edukasi dalam FERBI antara lain Perum PERURI, TNI Angkatan Laut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Perusahaan Jasa Pengolahan Uang Tunai Indonesia (APJATIN) yang seluruhnya berperan penting bagi ketersediaan rupiah berkualitas di masyarakat. Lebih lanjut, terdapat edukasi non-tunai yang dikemas dalam Pekan QRIS Nasional (PQN) dengan sosialisasi QRIS TUNTAS (Tarik Tunai, Transfer, dan Setor Tunai), yang erat kaitannya dengan uang tunai. 

Pada FERBI 2023, kata dia, masyarakat dapat mengenal alat pembayaran secara retrospektif melalui lebih dari 100 koleksi uang kuno yang dihadirkan Museum BI (MuBI). Masyarakat juga dapat memaknai uang rupiah melalui dialog kebangsaan oleh keluarga pahlawan dan tokoh inspiratif, serta bincang milenial oleh seniman dan budayawan. 

Baca juga : Ini Saran Prof Tjandra Untuk Pemerintah Dan Masyarakat Atasi Polusi Udara

Sepanjang FERBI terdapat ragam pameran di antaranya Rupiah Jendela Indonesia (segala sesuatu tentang Rupiah), Augmented Reality Rupiah (teknologi edukasi secara virtual) dan Hall of Fame Rupiah yang menceritakan perjalanan rupiah secara sentimental. 

Pengunjung juga dapat menukarkan pecahan uang Rupiah baik melalui BI maupun perbankan. Untuk penukaran uang rupiah maupun pembelian Uang Rupiah Khusus berupa uncut banknotes di layanan BI dapat memesan melalui https://pintar.bi.go.id. Masyarakat juga diajak untuk menukarkan uang logam dan berkesempatan mendapatkan hadiah menarik. FERBI 2023 terbuka untuk umum dan dapat dihadiri masyarakat tanpa dipungut biaya (gratis). 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.