Dark/Light Mode

Wujudkan Komitmen CSR Berkelanjutan, Elnusa Luncurkan Desa Energi Berdikari

Selasa, 22 Agustus 2023 10:57 WIB
Wujudkan Komitmen CSR Berkelanjutan, Elnusa Luncurkan Desa Energi Berdikari

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Elnusa Tbk anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE), meluncurkan "Desa Energi Berdikari Elnusa Sumengko" (DEBELKO).

Program ini merupakan wujud komitmen nyata Elnusa pada Corporate Social Responsibility (CSR).

Dalam rangkaian perayaan HUT ke-54 Elnusa, Kick off Program DEBELKO secara resmi dilakukan pada 16 Agustus 2023 di Desa Sumengko Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Direktur SDM & Umum Hera Handayani mengatakan, program DEBELKO menargetkan membangun Desa Sumengko menjadi pusat energi berdikari yang mampu memberikan manfaat nyata bagi masyarakat setempat.

Baca juga : Bantu Nelayan Hemat Pengeluaran, Ganjar Luncurkan Perahu Listrik Di Cilacap

Dengan berprinsip pembangunan dari Hulu ke Hilir, diawali dari jenis tanaman toga yang akan dituai dari lahan yang diolah secara mandiri kemudian dilakukan proses olah bahan baku menjadi produk yang siap bersaing dipasaran.

Desa Sumengko dipilih sebagai lokasi untuk program ini karena memenuhi kriteria menjadi desa binaan di ring 01 Warehouse Elnusa Kalitidu.

Kegiatan yang melibatkan perwira Elnusa serta warga Desa Sumengko ini dalam peluncurannya menjelaskan bahwa DEBELKO adalah salah satu bentuk kegiatan CSR yang difokuskan pada bidang Ekonomi, Pendidikan, Lingkungan, dan Kesehatan.

Program ini didesain untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG's).

Baca juga : Cek Kesehatan Dulu, Baru Lunasi Biaya Haji

Terutama pada nomor 1, 3, 4, 5, 7, 8, 12, dan 17, yang di antaranya mencakup upaya mengurangi kemiskinan, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, memberikan pendidikan berkualitas, mendorong kesetaraan gender, menyediakan energi bersih dan terjangkau.

Selain itu, menciptakan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta mendorong konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.

Hera Handayani mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan waktunya untuk dapat merealisasikan program CSR Elnusa yaitu Desa Energi Berdikari Elnusa Sumengko.

Kegiatan ini juga bagian dari rasa syukur kami karena Elnusa sudah berusia 54 tahun.

Baca juga : Penuhi Kebutuhan Konsumen Indonesia, Advan Luncurkan 4 Laptop Terbaru

"DEBELKO memberikan bantuan bagi masyarakat Sumengko dalam meningkatkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta mengembangkan keterampilan masyarakat dalam rangka menciptakan dampak positif yang berkelanjutan," kata Hera.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.