Dark/Light Mode

Genjot Bisnis Inklusif Kawasan ASEAN, Kemenkop UKM Gelar IB Summit Ke-6 Di Bali

Selasa, 22 Agustus 2023 12:19 WIB
Kemenkop UKM akan menggelar IB Summit ke-6 di Bali. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Kemenkop UKM akan menggelar IB Summit ke-6 di Bali. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun ini, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) dipercaya menjadi tuan rumah pada perhelatan The 6th ASEAN Inclusive Business (IB) Summit yang akan diselenggarakan mulai 23-25 Agustus 2023 di Nusa Dua, Bali.

Kegiatan ASEAN IB Summit nanti, diharapkan tidak hanya mampu menciptakan rencana aksi bagi promosi bisnis inklusif di ASEAN, tetapi juga bisa meningkatkan peluang pasar dan investasi bagi para bisnis inklusif di Indonesia.

Deputi Kewirausahaan Kemenkop UKM Siti Azizah menjelaskan, ASEAN IB sudah berlangsung sejak 2017 di Manila, Filipina. Forum ini merupakan gerakan formal untuk mempromosikan bisnis inklusif di kawasan ASEAN.

Baca juga : Genjot Inklusi Keuangan Kalangan Disabilitas, BNI Perkuat Sosialisasi

“Tahun ini Kemenkop UKM dipercaya menjadi tuan rumah di perhelatan ASEAN IB Summit ke-6. Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan kepada bisnis inklusif di kawasan ASEAN,” ucap Azizah dalam keterangan resminya, Selasa (22/8).

Mulai Agustus 2020, ASEAN telah memiliki pedoman pelaksanaan bisnis inklusif yang disebut ‘Guidelines for the Promotion of Inclusive Business in ASEAN.’

Dalam rangkaian kegiatan KTT ASEAN 2023, ASEAN IB Summit ke-6 segera digelar pada 23-25 Agustus 2023.

Baca juga : Percepat Konektivitas Energi di ASEAN, ACE Gelar Forum AEBF 2023 di Bali

Forum ini merupakan bentuk kepedulian para pemimpin ASEAN dalam mengenalkan dan mengimplementasi model bisnis yang inklusif di masing-masing negara anggota.

Namun, ada hal baru yang ingin ditawarkan oleh Indonesia sebagai tuan rumah KTT ASEAN 2023 untuk mengakselerasi implementasi model bisnis yang inklusif dan berkelanjutan.

“Sebagai tuan rumah KTT ASEAN 2023, Indonesia berinisiatif membentuk Plan of Action (PoA) untuk mengakselerasi pembentukan ekosistem bisnis inklusif sesuai pedoman yang telah disepakati,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.