Dark/Light Mode

IB Summit 2023 Di Indonesia Hasilkan Rencana Aksi Nyata Bagi UMKM ASEAN

Jumat, 25 Agustus 2023 21:02 WIB
Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM Siti Azizah di acara ASEAN Inclusive Business IB Summit 2023. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM Siti Azizah di acara ASEAN Inclusive Business IB Summit 2023. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 10 negara peserta ASEAN Inclusive Business (IB) Summit 2023 di Indonesia menyepakati Plan of Action sebagai tindak lanjut hasil dari pertemuan tahunan. Dan menjadi usulan yang disampaikan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan IB Summit tahun ini.

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Siti Azizah menyampaikan, dari 10 negara peserta ASEAN IB Summit 2023, seluruhnya menyatakan dukungannya dan sepakat mengenai adanya Plan of Action yang terdiri dari Policy Action Advisory, IB Development, access to finance, dan pembangunan IB Hub.

Baca juga : Jadi Tuan Rumah ASEAN IB Summit, Indonesia Beri Usulan Lembaga Pembiayaan UMKM

“Acara dimulai dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan High Level Ministerial Meeting serta Plenary Discussion. Dari 10 negara itu mereka support. Kita semua menyepakati adanya Plan of Action setelah pertemuan ini selesai,” ucap Siti Azizah dalam keterangannya, Bali, Jum'at (25/8).

Dalam agenda Closing Remaks 6Th ASEAN Inclusive Business Summit, juga dilakukan penyampaian beberapa program oleh seluruh negara perwakilan yang hadir.

Baca juga : Jadikan Peluang, Bukan Musibah

Hal ini yang akan menjadi materi pembahasan dalam mengambil rencana aksi berikutnya.

Dalam rangkaian sehari sebelumnya juga dilakukan beberapa pertemuan bilateral, yakni dengan Pemerintah Kamboja, UNESCAP dan Pemerintah Timor Leste.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.