Dark/Light Mode

Jamu Perwakilan Negara Anggota OECD

Airlangga Pamer Performa Ekonomi Indonesia Terjaga

Sabtu, 26 Agustus 2023 06:45 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menjamu makan malam 28 perwakilan negara anggota OECD di Park Hyatt Hotel, Jakarta, Kamis (24/8). (Foto: Humas Kemenko Ekonomi)
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menjamu makan malam 28 perwakilan negara anggota OECD di Park Hyatt Hotel, Jakarta, Kamis (24/8). (Foto: Humas Kemenko Ekonomi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menargetkan Indonesia menjadi anggota OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) dalam tempo 3,5 tahun. Untuk itu, dukungan dari sejumlah negara anggota OECD penting agar kita diterima menjadi anggota.

Target itu disampaikan Air­langga saat menjamu makan malam 28 perwakilan negara anggota OECD di Park Hyatt Hotel, Jakarta, Kamis (24/8). Jamuan tersebut sekaligus un­tuk memberi informasi kepada para perwakilan negara anggota OECD terkait perkembangan terkini perekonomian Indonesia. Dan menjaring dukungan bagi proses masuknya Indonesia menjadi anggota OECD.

Pada pertemuan tersebut, Ketua Umum Partai Golkar ini menekankan, diperlukan kerja sama dan aksi bersama untuk menghadapi tantangan global yang berkembang signifikan.

Baca juga : Mentan: Petani Pejuang Ekonomi Indonesia

Dinamika geopolitik yang ter­jadi saat ini telah menciptakan pola kerja sama internasional yang terpecah serta menghambat aliran perdagangan, investasi dan me­lemahkan perekonomian dunia.

“Dampak pandemi Covid-19 dan krisis finansial global masih dirasakan mayoritas masyarakat global saat ini. Karenanya, diper­lukan kerja sama solid antarnega­ra ke depannya,” kata Airlangga dalam keterangannya, kemarin.

Hadir dalam pertemuan itu Duta Besar Australia, Duta Be­sar Belanda, Duta Besar Belgia, Duta Besar Irlandia, Duta Besar Jepang, Duta Besar Kosta Rika, Duta Besar Polandia, Duta Besar Turki dan Duta Besar Yunani.

Baca juga : Prabowo Sebut Airlangga Sosok Penting Pertumbuhan Perekonomian Indonesia

Turut hadir perwakilan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, Austria, Chile, Denmark, Finlandia, Hungaria, Inggris, Ita­lia, Jerman, Kanada, Kolombia, Meksiko, Norwegia, Polandia, Portugal, Prancis, Selandia Baru, Spanyol, Swedia dan Swiss.

Pada pertemuan tersebut, Airlangga juga memamerkan performa perekonomian Indo­nesia yang terjaga solid.

Kata Airlangga, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,17 persen di Kuartal II-2023, atau 5,11 persen di sepanjang Semester I-2023. Neraca perdagangan Indo­nesia juga melanjutkan tren positif selama 38 bulan berturut-turut dengan surplus 7,82 miliar dolar AS pada triwulan II-2023.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.