Dark/Light Mode

Di Istana Presiden Pastikan Tak Ada Munaslub

Airlangga Berseri-seri

Selasa, 1 Agustus 2023 08:00 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama seluruh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I (tingkat provinsi) Partai Golkar se-Indonesia usai merapatkan barisan, di kawasan Nusa Dua, Bali, Minggu (30/7) malam. Seluruh Ketua DPD I Golkar menolak Munaslub. (Foto: Antara)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama seluruh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I (tingkat provinsi) Partai Golkar se-Indonesia usai merapatkan barisan, di kawasan Nusa Dua, Bali, Minggu (30/7) malam. Seluruh Ketua DPD I Golkar menolak Munaslub. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto kembali memastikan tak ada Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang beragenda mengganti ketua umum di partai yang dipimpinnya. Bedanya, kali ini Airlangga mengatakan hal tersebut di kompleks Istana Presiden, Jakarta, dengan wajah berseri-seri.

Airlangga mengatakan, keputusan tak akan menggelar Munaslub itu merupakan hasil pertemuannya dengan seluruh pengurus DPD I Golkar di Bali, pada Minggu (30/7) malam.

Baca juga : Gaduh Kasus Basarnas, Pimpinan KPK Pastikan Tak Akan Mundur

“Seluruh pengurus Golkar, DPD I menolak Munaslub. Seluruh senior juga menolak Munaslub,” tegas Airlangga.

Menko Perekonomian itu menyampaikan, dalam pertemuan dengan seluruh pengurus DPD I Golkar itu, juga membahas tentang konsolidasi partai dan persiapan menghadapi agenda ke depan.

Baca juga : Airlangga Senyum Ditanya Luhut Siap Jadi Ketum

Saat ditanya soal arah koalisi Golkar, Airlangga mengatakan, partainya masih terus melakukan konsolidasi dan pembicaraan dengan setiap Capres. Begitu juga soal dorongan sejumlah DPD I yang menginginkan Golkar mendukung Capres dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Kata dia, dorongan tersebut tentu dipertimbangkan oleh pengurus DPP Golkar.

“Saat ini, ada tim yang sedang bekerja,” kata Airlangga.

Baca juga : AMMI: Presiden Amat Perhatian Ke Kaum Muda Papua

Penolakan terhadap gelaran Munaslub juga disampaikan politisi senior Partai Golkar Jusuf Kalla atau yang akrab disapa JK. Mantan Ketum Golkar ini mengaku tidak setuju digelar Munaslub. “Karena akan menurunkan marwah Golkar,” kata JK, usai menjadi pembicara di acara Seminar Anak Muda untuk Politik, di Gedung DPR, Jakarta, kemarin.

JK meminta, kader Golkar bersatu dan memberikan kesempatan kepada Airlangga untuk mengemban tugas yang sudah dimandatkan. “Airlangga sudah diberikan mandat. Jangan Golkar dilibatkan pada situasi yang sulit, jadi siapapun harus memahami itu,” kata JK. “Bersatu saja belum tentu menang, apalagi tidak bersatu,” sentilnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.