Dark/Light Mode

AP l Catatkan Kinerja Moncer, Raup Laba Bersih 448 M

Rabu, 30 Agustus 2023 23:15 WIB
Direktur Utama AP I Faik Fahmi. Foto: Istimewa
Direktur Utama AP I Faik Fahmi. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (AP I) mencatatkan kinerja moncernya dengan mencetak laba bersih sebesar Rp 448 miliar pada periode Januari-Juli 2023.

Pada periode tersebut, total pendapatan mencapai Rp 5,21 triliun atau meningkat 75 persen dan EBITDA mencapai Rp 2,32 triliun atau naik 224 persen dibandingkan periode yang sama dari tahun lalu.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan, pencapaian kinerja keuangan perusahaan ini tak lepas dari peran kinerja operasional yang tumbuh secara signifikan hingga Juli tahun ini.

AP I mencatat sebanyak 45,3 juta pergerakan penumpang di 15 bandara pada periode 1 Januari-28 Agustus 2023, tumbuh 78 persen dibandingkan periode yang sama pada 2022 sebesar 25,4 juta penumpang.

Baca juga : KPK Tetapkan 6 Tersangka Korupsi Penyaluran Bansos Beras, 3 Ditahan

"Berbagai langkah inovasi dan kebijakan yang dirangkum dalam transformasi bisnis AP l menjadi upaya yang optimal bagi perusahaan untuk terus mencapai target-target yang telah dicanangkan ke depan," kata Faik di Jakarta, Rabu (30/8). 

Faik menekankan, kesuksesan AP l salah satunya berkat transformasi. Ada empat pilar transformasi yaitu, pertama, business turnaround.

Faik menjelaskan, AP l proaktif berkomunikasi dengan berbagai maskapai penerbangan, baik nasional maupun internasional, untuk dapat segera melakukan reaktivasi rute-rute penerbangan yang selama masa pandemi berhenti beroperasi.

Hal ini dengan mempertimbangkan demand pengguna angkutan transportasi udara yang semakin tinggi. Salah satu contoh inisiatif strategis yaitu dengan melakukan perubahan tipe pesawat dari wide body menjadi wide body yang kapasitasnya lebih besar.

Baca juga : Jokowi Ingin Tingkatkan Kerja Sama Energi Di Tanzania Lewat Pertamina

"Seperti yang telah terealisasi di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali telah melayani penerbangan pesawat terbesar di dunia, Airbus A380-800 milik Emirates yang sebelumnya mengoperasikan pesawat tipe Boeing 777-300ER," jelasnya.

Kedua, organization and culture. Melalui restrukturisasi organisasi untuk penguatan, optimalisasi, dan efektivitas proses bisnis organisasi di lingkungan meningkatkan performa AP l.

Ketiga, financial restructuring. Dengan restrukturisasi rasio kemampuan membayar utang jangka pendek atau current ratio perusahaan meningkat dari 0,70x di semester 1 2022 menjadi 1,53x di semester l 2023.

Peningkatan performa keuangan di tengah tahun ini membawa hasil positif terhadap peringkat kredit AP1. Lembaga pemeringkat obligasi nasional Pefindo telah menaikkan peringkat kredit AP1 dari idAA+ Outlook Negatif menjadi idAA+ Outlook Stabil.

Baca juga : KPK Resmi Nyatakan Kasasi Vonis Bebas Gazalba Saleh

Pada 2023, Fitch Ratings yang merupakan lembaga pemeringkat kredit internasional juga menaikkan peringkat kredit perusahaan dari AA-(idn) Outlook Stabil menjadi AA(idn) Outlook Positif.

Pilar terakhir, digitalization. AP I menjalankan inisiatif Cargo Integrated System 2.0 Development yakni, sistem integrator end to end proses bisnis dan cargo & logistics secara real time. Ada juga inisiatif untuk integrasi sistem pelaporan tenant di seluruh bandara AP I.

Faik menambahkan, segala upaya telah dikerahkan agar AP I rebound to win dan mencapai seluruh target yang telah ditetapkan ke depannya. Perusahaan juga telah memetakan sejumlah tantangan dan kesempatan kemungkinan terjadi di masa depan serta menawarkan solusi dengan tujuan meningkatkan kinerja operasional dan finansial yang dapat menjaga keberlangsungan bisnis perusahaan.

"Tren pertumbuhan tahun ini menjadi sinyal upaya transformasi secara keseluruhan bisnis perusahaan telah membuahkan hasil. Namun, sinyal positif ini mesti terus digaungkan agar AP l benar-benar kembali ke posisi semula sebelum pandemi melanda atau bahkan lebih dari itu," ucap Faik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.