Dark/Light Mode

Gandeng MNI, Mall Ciputra Jakarta Kembali Gelar Pameran Numismatik Terbesar Di Indonesia

Sabtu, 2 September 2023 06:20 WIB
Pembukaan Indonesia Numismatic Show (INS) di Center Court Mall Ciputra Jakarta, Jumat (1/9). (Foto: Istimewa)
Pembukaan Indonesia Numismatic Show (INS) di Center Court Mall Ciputra Jakarta, Jumat (1/9). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Melalui event ini juga kami ingin memberikan pengalaman edukatif dan atraktif untuk para pengunjung setia,” ujarnya.

Berbeda dengan INS pertama pada Maret 2023 lalu yang berfokus ingin menjadikan INS sebagai tonggak kegiatan numismatik pertama di Indonesia, INS 2 kali ini berfokus untuk unjuk kebolehan numismatik Indonesia di kancah internasional.

Tidak berhenti di situ, INS 2 berhasil menggaet lebih dari 60 tenant untuk hadir mengikuti rangkaian acara dengan lebih dari 10 tenant international.

Asal negara tenant tersebut diantaranya dari Hongkong, Belanda, Swedia, Malaysia, Singapura, Kanada, Republik Rakyat Tiongkok, Taiwan, Rusia, Australia, Vietnam, Romania dan Ukrania.

Sementara itu, Ketua Umum MNI Sunardji mengatakan, pihaknya menangkap semangat dan antusias yang tinggi dari masyarakat Indonesia terhadap numismatik melalui kegiatan INS ini.

Baca juga : Gandeng Milenial, Srikandi Ganjar Sumut Gelar Pelatihan Bikin Belacan Di Asahan

Ternyata tidak hanya dari lokal, semangat yang besar juga datang dari dunia Internasional.

“MNI sangat senang dan bangga dapat kembali menggelar kegiatan INS di tahun yang sama ini untuk masyarakat Indonesia,” ungkap Sunardji.

Selain pameran, di sekitar area pameran INS 2-MONETARIUM juga disediakan panel edukasi.

Panel edukasi ini bertujuan untuk mengedukasi pengunjung tentang sejarah numismatik di Indonesia dengan menghadirkan beragam alat tukar di Indonesia. Baik berupa koin logam hingga uang kertas, mulai dari zaman kerajaan hingga emisi terbaru.

“Edukasi ini menghadirkan bagaimana sejarah rupiah, mata uang Indonesia, resmi digunakan sebagai alat transaksi yang diakui oleh negara dan masyarakat secara luas,” jelas Sunardji.

Baca juga : Pengamat Maritim: Revitalisasi Pelabuhan Kunci Sukses Ekonomi Indonesia

INS 2-MONETARIUM juga akan menyelenggarakan interactive talk show bertema ‘Melambungkan UKM Numismatik Indonesia ke Panggung Internasional’ yang menjadi bagian acara dalam Opening Event pada Jumat (1/9).

INS 2 - MONETARIUM menghadirkan tiga narasumber hebat dari jajaran pemerintahan, yakni Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Hari Widodo, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat.

Ketiga narasumber ini melakukan bincang santai terkait peredaran uang dan numismatik dipandu oleh Sekretaris Jenderal MNI Michell Suharli. INS 2-MONETARIUM juga dihadiri oleh salah satu dari pelukis uang RI, yakni Mujirun Engraver.

Tidak hanya hadir, Mujirun juga menghibur para pengunjung melalui suguhan penampilan live sketch. Mujirun akan melukis para pengunjung secara langsung yang hasilnya nanti dapat dibawa pulang.

Ketua Panitia INS 2-MONETARIUM Teddy Rinaldy menambahkan, kegiatan INS 2-MONETARIUM ini tidak hanya untuk meningkatkan citra numismatik Indonesia di mata dunia, tapi juga berharap dapat terus mendukung pedagang kecil. Khususnya di bidang numismatik supaya dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Baca juga : Car Free Day Jakarta Hari Ini Tak Sehat, Polusi Udara Juara 1 Tertinggi Di Dunia

“Kami berharap antusias masyarakat Indonesia terhadap numismatik dapat terus tumbuh melalui kegiatan INS,” ucap Teddy.

Selama pameran berlangsung, MNI juga akan membagikan koin kuno gratis bagi pengunjung sebagai souvenir acara INS 2-MONETARIUM. Koin 100 Rupiah Karapan Sapi sebanyak 1.000 keping ini dibagikan di booth MNI dengan tujuan perluasan edukasi dan wawasan masyarakat di bidang numismatika.

“Sehingga tidak hanya datang untuk melihat dan bertransaksi, masyarakat juga mendapat edukasi dan membawa pulang koin sebagai cendera mata dari INS 2-MONETARIUM,” pungkas Teddy.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.