Dark/Light Mode

Car Free Day Jakarta Hari Ini Tak Sehat, Polusi Udara Juara 1 Tertinggi Di Dunia

Minggu, 27 Agustus 2023 08:40 WIB
Polusi udara menyelimuti gedung pencakar langit di Jakarta. Foto diambil dari kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (Foto: Deri/ Humas MPR)
Polusi udara menyelimuti gedung pencakar langit di Jakarta. Foto diambil dari kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (Foto: Deri/ Humas MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Siapa sangka, polusi udara di Jakarta justru makin parah di hari libur, Minggu (27/8). Hari Car Free Day (CFD) yang biasa digelar setiap Minggu, jadi tidak sehat.

Tingginya polusi udara di Jakarta dirilis situs pemantau kualitas udara IQAir, dengan data terbaru pukul 8 pagi WIB. Situs tersebut menempatkan Jakarta sebagai juara satu polusi udara tertinggi di dunia dengan skor US AQI 176.

Baca juga : WFH Hari Kelima, Kualitas Udara Jakarta Pagi Ini Masih Tidak Sehat, Depok Parah

Di bawah Jakarta, ada Kampala, Uganda (170), Dubai, Uni Emirate Arab (164), Delhi, India (157) dan Lahore, Pakistan (135).

Konsentrasi polutan PM2,5 di Jakart hari ini cukup tinggi. Mencapai 104 µg/m kubik atau  20,8 kali di atas ambang batas aman tahunan yang dirilis WHO.

Baca juga : DPR: Atasi Polusi Udara Jakarta Tak Cukup Dengan WFH

Bukan cuma Jakarta, kawasan Jabodetabek lain juga tak kalah dari Jakarta dalam urusan polusi. 

Di Depok, Jawa Barat misalnya. Daerah penyangga Jakarta itu lagi-lagi mencetak rekor udara terburuk di Jabodetabek dengan skor 194 yang ditandai dengan warna merah atau tidak sehat.

Baca juga : Kualitas Udara Jakarta Pagi Ini Masih Tidak Sehat, Depok Sangat Tidak Sehat

Di bawahnya Tangerang Selatan, Banten dengan skor 191, baru Jakarta (176), lalu Cibinong, Jawa Barat (165), Serpong, Jawa Barat (161).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.