Dark/Light Mode

Dubes Ratu Silvy Gayatri Suguhi Kuliner Nusantara Ke Warga Estonia

Jumat, 1 September 2023 07:40 WIB
Dubes Ratu Silvy Gayatri kanan membuka acara promosi Indonesia bersama Konsul Kehormatan Indonesia di Estonia, Heldur Allese, Sabtu, 26 Agustus 2023. (Foto KBRI Helsinki)
Dubes Ratu Silvy Gayatri kanan membuka acara promosi Indonesia bersama Konsul Kehormatan Indonesia di Estonia, Heldur Allese, Sabtu, 26 Agustus 2023. (Foto KBRI Helsinki)

RM.id  Rakyat Merdeka - Akhir pekan lalu, Kedutaan Besar Indonesia untuk Finlandia merangkap Estonia bekerja sama dengan Konsul Kehormatan Indonesia di Estonia, Heldur Allese, menggelar acara promosi budaya dan kuliner Nusantara di Saaremaa, Estonia.

Acara ini merupakan rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI dan Hari Restorasi Kemerdekaan Estonia yang diperingati setiap 20 Agustus.

Baca juga : Suguhkan Aksi Kolintang Sebagai Penutup HUT RI

Dalam pidatonya, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Finlandia merangkap Estonia Ratu Silvy Gayatri menyampaikan bahwa hubungan diplomatik Indonesia dan Estonia sudah berumur 29 tahun.

“Meski secara geografis jarak keduanya berjauhan, namun keduanya memiliki banyak kesamaan nilai, antara lain demokrasi, multilateralisme, komitmen untuk memelihara perdamaian dan ketertiban dunia, serta pembangunan berkelanjutan,” ujar Dubes Silvy dalam keterangan tertulisnya, Rabu (30/8).

Baca juga : Bikin Lomba Makan Kerupuk Untuk Bule Finlandia

Acara ini berlangsung pada 26-27 Agustus di Saaremaa Rannahotell, Estonia. Acara ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi warga Estonia untuk lebih mengenal Indonesia, meningkatkan jumlah wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia dan semakin mempererat hubungan antar-masyarakat kedua negara. Karenanya, acara promosi ini merupakan upaya yang ditempuh KBRI Helsinki untuk lebih mendekatkan Estonia dengan Indonesia dan juga sebaliknya.

Acara tersebut dihadiri beberapa pejabat penting Estonia, antara lain Menteri Urusan Kewilayahan Madis Kallas, Wali Kota Saaremaa Mikk Tuisk dan beberapa pejabat Kementerian Luar Negeri Estonia. Hadir juga anggota Rotary Club Estonia serta para warga Estonia maupun Warga Negara Indonesia (WNI) yang menetap di sana.

Baca juga : Diungkap Sang Putri Thaksin Pulang Ke Thailand

Mengambil tema "Indonesian Food and Cultural Day", KBRI Helsinki menyajikan ragam masakan Indonesia dalam menu buffet. Antara lain nasi kuning, soto, sate ayam, sate maranggi, rendang, ayam betutu, pepes ikan, lumpia, gado-gado, mie goreng, bakwan, peyek kacang, lapis Surabaya, onde-onde, hingga klappertaart.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.