Dark/Light Mode

Gelar Indonesia Connect Roadshow 2023

Pemerintah Australia Barat Perkuat Perdagangan Investasi Di Indonesia

Senin, 4 September 2023 12:55 WIB
(Kiri ke kanan): Jackie Jarvis - Menteri Pertanian dan Pangan; Kehutanan; Bisnis Kecil kiri, Honorable Roger Cook - Premier Australia Barat tengah; Bill Johnston - Menteri Pertambangan dan Perminyakan; Energi, Industri Hidrogen, dan Hubungan Industri
(Kiri ke kanan): Jackie Jarvis - Menteri Pertanian dan Pangan; Kehutanan; Bisnis Kecil kiri, Honorable Roger Cook - Premier Australia Barat tengah; Bill Johnston - Menteri Pertambangan dan Perminyakan; Energi, Industri Hidrogen, dan Hubungan Industri

 Sebelumnya 
Lebih lanjut dijelaskan Roger, melalui roadshow ini pihaknya memiliki fokus utama pada hasil investasi dan perdagangan pada transisi energi, industri kreatif dan ekonomi digital, pendidikan internasional, industri primer dan pariwisata.

Ia mengungkapkan, hubungan Australia Barat dengan Indonesia merupakan pendorong perekonomian utama bagi negara ini.

Baca juga : Raih Indonesia Best TJSL Awards 2023, Pertamina Perkuat Komitmen Pemberdayaan Masyarakat

Roger mencontohkan, Australia Barat mengekspor barang ke Indonesia senilai 3,8 miliar dolar Australia (setara Rp 37,3 triliun) pada tahun 2022.

"Jumlah ini, di atas rata-rata tahunan sebesar 2,3 miliar dolar Australia (setara Rp 22,6 triliun) selama 10 tahun terakhir," ujarnya.

Baca juga : Jaga Stabilitas Harga Pangan, Pemerintah Perkuat Sinergi Pengendalian Inflasi

Selain itu, Australia Barat juga menyumbang seperempat dari total perdagangan barang Australia dengan Indonesia pada tahun 2022. Serta, menyumbang 30 persen ekspor barang Australia ke Indonesia pada tahun 2022.

"Ini menunjukkan, Indonesia adalah mitra dagang penting Australia Barat, dengan nilai perdagangan barang senilai 4,6 miliar dolar Australia (setara Rp 45,2 triliun) di tahun 2022," jelas Roger.

Baca juga : Jawa Barat, Asal Mula Kerja Sama Jepang Dan Indonesia

Tak hanya itu, ekspor minyak bumi ke Indonesia juga meningkat 16 persen, atau menjadi 1,2 miliar dolar Australia (setara Rp 11,8 triliun) pada tahun 2022.

"Setelah Jakarta, delegasi kami akan kunjungi juga Surabaya dan Denpasar karena masing-masing lokasi memiliki fokus spesifik. Seperti Surabaya yang fokus pada bidang pertanian dan Bali yang fokus pada sektor pariwisata," pungkas Roger.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.