Dark/Light Mode

Standard Chartered Dorong Solusi Keuangan Capai Dekarbonisasi Di Tingkat Global

Selasa, 5 September 2023 21:40 WIB
Standard Chartered turut terlibat dalam inisiatif Just Energy Transition Partnership, di tingkat global demi tercapainya dekarbonisasi. (Foto: Istimewa)
Standard Chartered turut terlibat dalam inisiatif Just Energy Transition Partnership, di tingkat global demi tercapainya dekarbonisasi. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Selain JETP, Standard Chartered juga turut berperan dalam terobosan lainnya dalam upaya peningkatan pembiayaan hijau. Pihaknya merupakan pemegang saham dan salah satu pendiri Climate Impact X.

Yakni sebuah terobosan besar dalam menciptakan perdagangan karbon yang berfokus pada Asia.

“Di mana kita dapat membeli dan menjual carbon credit secara transparan untuk membantu mendanai transisi net zero.

Climate Impact X merupakan salah satu pelopor kehadiran bursa karbon di ASEAN yang dapat menjadi percontohan bagi banyak negara ASEAN lainnya,” ungkapnya.

Baca juga : Menparekraf Sandiaga Dorong Pengembangan UMKM Berbasis Masjid

Managing Director of the Glasgow Financial Alliance for Net Zero (GFANZ) Yuki Yasui menyebut, pihaknya memiliki punya empat strategi pembiayaan untuk mendukung dekarbonisasi ekonomi riil.

Pertama, yaitu mendukung proyek-proyek ramah lingkungan dan perusahaan-perusahaan ramah lingkungan.

Kedua, pembiayaan terhadap perusahaan yang memiliki komitmen pencapaian emisi nol karbon.

Ketiga, mendanai transisi perusahaan-perusahaan yang saat ini sedang berupaya melakukan dekarbonisasi. Terakhir, mendukung pensiun dini aset perusahaan yang tidak ramah lingkungan.

Baca juga : Bukan Cuma Demi Kekuasaan, Demokrasi Mesti Bikin Rakyat Makin Sejahtera

“Agar lembaga-lembaga keuangan benar-benar mau membiayai keempat kelompok pembiayaan ini, yang kita miliki adalah kerangka kerja umum yang dapat digunakan oleh lembaga-lembaga keuangan dalam implementasinya dan seperti sebuah rencana aksi," ucap Yasui.

Sementara itu, President of Kasikornbank Thailand Pipit Aneaknithi sepakat, bahwa upaya mencapai target iklim ini perlu dilakukan bersama-sama.

Menurut dia, masalah iklim tidak hanya menjadi masalah regional semata, tetapi perlu penanganan selaras secara global.

"Saya rasa ada beberapa hal yang ingin saya tegaskan kembali, yaitu bahwa hal ini berlaku secara regional, namun jangan lupakan keselarasan dengan global karena kita semua sedang bergerak menuju visi bersama yang global. Bukan hanya visi bersama regional saja. Ini adalah upaya global," tuturnya.

Baca juga : Sasar Basis Pekerja, Relawan Buruh Ganjar Deklarasi Di Jatim

Untuk itu, dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh pihak swasta tentunya diharapkan dapat mendukung penanganan secara keseluruhan dalam mengatasi masalah iklim.

“Dalam mewujudkan hal tersebut harus dilakukan melalui kemitraan dan kolaborasi antar semua stakeholder,” ujar Aneaknithi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.