Dark/Light Mode

Meski Lebih Ramah Lingkungan

Pemerintah Lebih Hati-hati Luncurin Pertamax Green 92

Rabu, 6 September 2023 07:30 WIB
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati. (Foto: Antara)
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kehadiran Pertamax Green 92 diprediksi tidak bakal diluncurkan dalam waktu dekat ini bila tujuannya untuk menggantikan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite. Sebab, banyak hal yang harus dipertimbangkan Pemerintah sebelum mengambil kebijakan tersebut. Salah satunya soal alokasi subsidi.

Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti Trubus Ra­hadiansyah berpendapat, tidak ada salahnya dengan usulan pengalihan subsidi BBM dari Pertalite menjadi Pertamax Green 92.

Namun, menurut Trubus, usulan itu akan melalui proses tidak cepat karena akan ada perubahan besar subsidi. Harga Pertalite dan Pertamax Green 92 pasti berbeda. Harapannya, pengalihan tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Be­lanja Negara (APBN).

Baca juga : Jaga Stabilitas Harga Pangan, Pemerintah Perkuat Sinergi Pengendalian Inflasi

“Ada kekhawatiran juga, hal ini bertentangan dengan masalah inflasi. Kan, Pemerintah berkomitmen untuk menekan angka inflasi,” ujar Trubus, ke­pada Rakyat Merdeka, kemarin.

Di samping itu, Pemerin­tah juga diyakini pasti akan mempertimbangkan daya beli masyarakat bawah. Untuk itu, kalau bisa keberadaan Pertalite jangan dihapus dan digantikan oleh BBM yang harganya lebih mahal.

“Ada aplikasi MyPertamina. Pertalite bisa saja tetap ada, tapi khusus untuk masyarakat yang layak dapat subsidi,” imbaunya.

Baca juga : Bos Pertamina: Perubahan Pertalite Jadi Pertamax Green 92 Masih Usulan

Sebagai gambaran, Pertamina telah meluncurkan BBM jenis Pertamax Green 95 pada Juli 2023, dengan harga sebesar Rp 13.500 per liter.

BBM ini baru tersedia di 5 SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) di Jakarta. Yaitu SPBU MT Haryono, SPBU Fatmawati 1, SPBU Fatmawati 2, SPBU Lenteng Agung dan SPBU Sultan Iskandar Muda Kebayoran.

Lalu, 10 SPBU di Surabaya yaitu SPBU Jemursari, SPBU Soetomo, SPBU Mulyosari, SPBU Merr, SPBU Ketintang, SPBU Karang Asem, SPBU Mastrip, SPBU Citra Raya Boulevard, SPBU Juanda dan SPBU Buduran.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.