Dark/Light Mode

Canggih, Bandara-bandara AP II Bakal Gunakan Teknologi Artificial Intelligence

Jumat, 8 September 2023 10:09 WIB
Angkasa Pura II akan mulai memanfaatkan Artificial Intelligence AI atau kecerdasan buatan untuk mengelola bandara. (Foto: Dok. Angkasa Pura II)
Angkasa Pura II akan mulai memanfaatkan Artificial Intelligence AI atau kecerdasan buatan untuk mengelola bandara. (Foto: Dok. Angkasa Pura II)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II akan mulai memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk mengelola bandara. Total ada 20 bandara yang saat ini dikelola AP ll.

AI ini rencanannya akan digunakan pada aspek pelayanan, operasional dan komersial bandara yang akan berdampak pada penumpang dan maskapai.

Baca juga : Bandara-bandara AP l Meriahkan Hari Pelanggan Nasional

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, Sky Horizon 2023 ini merupakan bagian dari program Digital Exploration (DX).

Menurutnya, di era saat ini pemanfaatan AI di sektor kebandarudaraan nasional tidak bisa dihindari.

Baca juga : Atasi Limbah Sungai, PPLI Kenalkan Teknologi Evaporator Mobile

"AP II adalah operator bandara di Indonesia yang pertama kali masuk dalam diskusi pemanfaatan AI untuk transportasi udara khususnya kebandarudaraan. Pada tahap awal pemanfaatan AI di bandara ini, AP II mendorong kolaborasi dan resource sharing," kata Muhammad Awaluddin dalam peluncuran Digital Collaboration: Sky Horizon 2023' bertajuk Shared Vision and Collaborating to Create Artificial Intelligence Based Airport Ecosystem, Kamis (7/9).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.