Dark/Light Mode

Masih Nangkring Di Level Rp 15 Ribu

BI Pede Stabilkan Mata Uang Garuda

Senin, 11 September 2023 07:20 WIB
Direktur Departe­men Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Erwin­do Kolopaking. (Foto: Antara)
Direktur Departe­men Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Erwin­do Kolopaking. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Untuk itu, Bank Sentral akan terus menjaga pergerakan nilai tukar rupiah agar stabil. Ini seiring dengan persepsi positif investor terhadap prospek ekonomi Indonesia.

“Ditambah lagi inflasi yang rendah, dan imbal hasil aset keuangan domestik yang me­narik,” tutur Dodo.

Untuk itu, Bank Sentral akan terus menjaga pergerakan nilai tukar rupiah agar stabil. Ini seiring dengan persepsi positif investor terhadap prospek ekonomi Indonesia.

Baca juga : Debat Capres Paling Cocok Di Kampus

“Ditambagh lagi inflasi yang rendah, dan imbal hasil aset keuangan domestik yang me­narik,” tutur Dodo.

Dodo mengungkapkan, salah satu langkah Bank Sentral untuk kembali menstabilkan nilai tukar rupiah, adalah dengan instrumen Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI).

“Instrumen ini untuk memasti­kan balancing, yaitu mendorong dana asing masuk, namun juga memastikan nilai tukar rupiah terjaga,” terang Dodo.

Baca juga : 39 Ribu Balita Masih Menderita Gizi Buruk

Sebagai informasi, SRBI ada­lah surat berharga dalam mata uang rupiah yang diterbitkan Bank Indonesia, dan rencananya akan diimplementasikan pada 15 September 2023. Instrumen ini sebagai pengakuan utang berjangka waktu pendek, dengan menggunakan underlying asset berupa Surat Berharga Negara (SBN) milik BI.

SRBI merupakan instrumen operasi moneter kontraksi untuk mengelola likuiditas. Sekaligus diharapkan dapat mendukung pengembangan pasar uang, serta stabilitas nilai tukar rupiah.

“Ini karena dapat ditransaksi­kan dan dimiliki oleh non bank di pasar sekunder,” ucap Dodo.

Baca juga : Dibanderol Rp 1,7 Triliun, Nilai Kane Bisa Pecahkan Rekor

Dia melanjutkan, Bank Sen­tral memiliki SBNyang cukup besar, sehingga dapat dijadikan underlying asset untuk SRBI. Dodo mengakui, SBNsebelum­nya dijual ke perbankan, namun bisa dipindahtangankan dari sisi kepemilikan, baik itu domestik maupun asing.

“Sehingga kami harapkan hal ini bisa mendorong tambahan likuiditas masuk,” ucapnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 11/9/2023 dengan judul Masih Nangkring Di Level Rp 15 Ribu, BI Pede Stabilkan Mata Uang Garuda

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.