Dark/Light Mode

Gandeng USU, Erick Dorong Milenial Jadi Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

Rabu, 27 September 2023 21:46 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mengajak generasi milenial untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. (Foto: Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir mengajak generasi milenial untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
"Dari data yang kami miliki, kecelakaan lalu lintas lebih banyak didominasi oleh kalangan anak-anak muda. Itulah pentingnya sosialisasi keselamatan berkendara ini melibatkan mereka," kata Munadi.

Munadi menilai, dalam hal membangun kesadaran masyarakat agar tertib berkendara dan menjaga keselamatan di jalan raya, mahasiswa memiliki pengetahuan yang sangat mumpuni.

"Mahasiswa menjadi tolok ukur dalam membangun kesadaran masyarakat untuk tertib menjaga keselamatan di jalan raya. Mahasiswa memiliki kemampuan yang mumpuni dalam hal tersebut," ujarnya.

Munadi mengajak kepada kampus dan mahasiswa untuk terlibat aktif melakukan riset dan teknologi dalam membangun kesadaran masyarakat agar keselamatan berkendara dapat tercipta.

Baca juga : Gandeng Mitra Bisnis, Protelindo Gelar Layanan Kesehatan Di Labuan Bajo

"Mahasiswa ini melek pengetahuan dan teknologi. Kami berharap pihak kampus dan mahasiswa dapat ikut ambil bagian tak hanya sekadar melakukan sosialisasi, juga mampu menciptakan perangkat untuk membangun kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas," harap Munadi.

Selain di kampus, Munadi menjelaskan, sosialisasi keselamatan berkendara bersama Korlantas Polri juga menyasar sekolah-sekolah di berbagai provinsi di Indonesia.

Bahkan, kata Munadi, PT Jasa Raharja juga tengah menyusun kurikulum keselamatan berkendara bersama Kemendiknas.

Di sisi lain, Munadi mengatakan, angka kecelakaan meningkat yang didominasi anak muda dengan menggunakan kendaraan roda menyebabkan meningkatnya juga jumlah pencairan klaim PT Jasa Raharja pada 2022.

Baca juga : Bupati Konawe Utara Dorong Yusril Jadi Cawapres Prabowo

"Jumlah klaim tahun ini hingga bulan Agustus mencapai Rp 3 triliun yang dominan di roda dua. Ini meningkat sebesar 20 persen dibanding 2022," ungkapnya.

Untuk diketahui, HK Jasa Raharja-KaPeKa Berlalu Lintas merupak kegiatan Kampus Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa akan mendapat pembekalan tentang keselamatan di jalan untuk mencapai zero accident, mematuhi peraturan lalu lintas, serta keselamatan dalam berkendara bersama PT Jasa Raharja dan Korlantas Polri.

Adapun, agenda acara yakni pembekalan dan praktik tentang safety riding oleh Tim Safety Riding Ditlantas Polda.

Baca juga : UU Cipta Kerja Dorong Indonesia Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Ada pula kegiatan acara berupa pembekalan dan praktik tentang Pertolongan Pertama Kecelakaan Lalu Lintas pada Tempat Kejadian (TPTKP) oleh Tim Bid Dokkes Polda Sumatera Utara.

Selain itu, ada juga praktik safety riding dan diakhiri dengan deklarasi bersama.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.