Dark/Light Mode

Gelar Pertemuan dengan Guterres

Jokowi Dorong Sinergi ASEAN-PBB untuk Jaga Perdamaian Kawasan

Kamis, 7 September 2023 14:42 WIB
Presiden Jokowi bersama Sekjen PBB Antonio Guterres, di JCC, Jakarta, Kamis (7/9). (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi bersama Sekjen PBB Antonio Guterres, di JCC, Jakarta, Kamis (7/9). (Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menggelar pertemuan bilateral dengan Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres, di Ruang Kakatua, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (7/9). Pertemuan tersebut digelar di sela-sela pelaksanaan rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN.

Dalam pengantarnya, Jokowi menyampaikan keprihatinan atas situasi global saat ini. Jokowi mengatakan, harapan dunia pada PBB semakin besar untuk menciptakan perdamaian dunia. Dia pun mendorong sinergi ASEAN dengan PBB dalam upaya menjaga perdamaian di kawasan.

Baca juga : Presiden Jokowi: KTT ASEAN Momentum Genjot Perdagangan, BNI Siap Jalin Kerja Sama

“Yang Mulia, diperlukan sinergi antara ASEAN dan PBB untuk menjaga perdamaian dan menangani isu penting di kawasan, termasuk isu Myanmar,” ujar Jokowi, seperti keterangan BPMI Setpres.

Jokowi juga menyampaikan soal Indo-Pasifik. Menurutnya, ASEAN kembali memberikan kontribusi bagi kawasan Indo-Pasifik melalui implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP).

Baca juga : Terima Pengurus IDCTA, Bamsoet Dorong Pengembangan Perdagangan Karbon

“Mengenai Indo-Pasifik, ASEAN kembali memberikan kontribusi melalui ASEAN Outlook on the Indo-Pacific yang diterjemahkan dalam kerja sama konkret,” imbuhnya.

Sekjen PBB Antonio Guterres menyampaikan apresiasinya atas kepemimpinan Indonesia dan upaya diplomasi yang luar biasa di ASEAN dan G20. Guterres pun bertekad untuk terus mengembangkan kerja sama antara PBB dengan Indonesia maupun dengan ASEAN.

Baca juga : Kolaborasi Petani Dengan Pabrik AQUA Sukses Atasi Masalah Pengairan Sawah

“Kami bertekad untuk mengembangkan sebanyak mungkin kerja sama kita di Indonesia dan kerja sama kita di ASEAN. Selamat kepada Bapak Presiden atas kepemimpinan Anda yang luar biasa di ASEAN selama periode ini,” ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.