Dark/Light Mode

Jadi Urat Nadi Virtual Energi RI Dan Mendunia, PIS Dipuji Menhub

Senin, 2 Oktober 2023 07:58 WIB
Presiden Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melihat booth Pertamina International Shipping (PIS) di acara Hub Space di Jumat (29/9) lalu. (Foto: Ist)
Presiden Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melihat booth Pertamina International Shipping (PIS) di acara Hub Space di Jumat (29/9) lalu. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengapresiasi sejumlah kinerja dan prestasi yang telah dicapai oleh perusahaan-perusahaan transportasi dan logistik Indonesia, salah satunya adalah PT Pertamina International Shipping (PIS).

Apresiasi ini dipaparkan dalam sesi diskusi interaktif bertajuk Hub Talks: “Transformasi Transportasi Indonesia” yang merupakan rangkaian acara Hub Space Kementerian Perhubungan, di JCC Senayan, Jumat (29/9).

Dimoderatori langsung oleh Menhub, sesi diskusi ini turut menghadirkan CEO PIS Yoki Firnandi, PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono, Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, Rhenald Kasali, dan pelawak tunggal Cak Lontong.

Baca juga : Kiai Said Ingin Pemimpin Nasioal Berani Dan Bersih Seperti Mahfud


Menhub mengatakan, para pelaku industri yang duduk dalam diskusi tersebut merupakan pelaku industri transportasi yang telah mencetak sejumlah prestasi dan membanggakan Indonesia, bahkan sampai di tingkat dunia. 

“Untuk itu saya bilang ke dirjen-dirjen saya, jangan persulit mereka. Jika mereka berhasil, kita yang akan dapat nama dan bangga. Ini bisnis shipping (PIS) sudah dikenali dan kapalnya banyak banget,” ujar Menhub dalam diskusi tersebut. 

CEO PIS, Yoki Firnandi memaparkan, PIS sebagai bagian dari Pertamina Group, merupakan urat nadi virtual dalam mendistribusikan energi di Indonesia, dengan ratusan kapal laut yang dikelola mengantarkan energi berupa BBM, LPG, dan lainnya agar bisa dinikmati oleh masyarakat.

Baca juga : Pelopori Kemitraan Transisi Energi Berkeadilan, Indonesia Dipuji Sekjen PBB

“Selama tahun lalu, PIS mencatat telah mengangkut 157 miliar liter kargo berupa BBM, minyak mentah, bahkan LPG. Kapal-kapal PIS juga tidak hanya berlayar di Indonesia tetapi juga sudah berlayar di 26 rute internasional, hampir seluruh dunia sudah kita jelajahi,” ujar Yoki. 

Saat ini, PIS memiliki 97 kapal milik dan akan terus bertambah. PIS juga telah membuka kantor cabang di Singapura dan Dubai sebagai bukti komitmen ekspansi pasar global. “Bisa dibilang PIS merupakan salah satu pemain shipping terbesar di Asia Tenggara, dan ke depannya akan terus bertumbuh,” ujarnya.

PIS turut memeriahkan Hub Space 2023 yang digelar oleh Kementerian Perhubungan dari 29 September hingga 1 Oktober 2023. Selain berpartisipasi dalam sesi diskusi, PIS juga membuka booth untuk memperkenalkan perusahaan lebih jauh ke publik. 

Baca juga : RI Dipuji Malaysia

Acara pembukaan Hub Space yang berlangsung pada Jumat kemarin, juga turut dihadiri oleh Presiden Jokowi yang berkesempatan mengunjungi booth PIS dan mendengarkan perkenalan singkat terkait bisnis PIS.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.