Dark/Light Mode

Galangan Kapal Batam Luncurkan Kapal Instalasi Turbin Angin Lepas Pantai Jepang

Senin, 2 Oktober 2023 13:41 WIB
PaxOcean saatmenyerahkan sebuah kapal self-elevating platform (SEP) untuk instalasi turbin angin lepas pantai dengan nomor seri CP-16001 SEP CP- 16001 kepada Penta–Ocean Construction Co. Ltd. Penta-Ocean. Serah terima kapal SEP CP- 16001 ini dilaksanakan beberapa waktu lalu di galangan kapal PaxOcean di Pulau Batam, Kepulauan Riau. (Foto: Ist)
PaxOcean saatmenyerahkan sebuah kapal self-elevating platform (SEP) untuk instalasi turbin angin lepas pantai dengan nomor seri CP-16001 SEP CP- 16001 kepada Penta–Ocean Construction Co. Ltd. Penta-Ocean. Serah terima kapal SEP CP- 16001 ini dilaksanakan beberapa waktu lalu di galangan kapal PaxOcean di Pulau Batam, Kepulauan Riau. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PaxOcean Group (PaxOcean) baru saja menyerahkan sebuah kapal self-elevating platform (SEP) untuk instalasi turbin angin lepas pantai dengan nomor seri CP-16001 (SEP CP-16001) kepada Penta–Ocean Construction Co. Ltd (Penta-Ocean). 

SEP CP-16001 merupakan kapal instalasi turbin lepas pantai seri GJ-9800C yang didesain oleh GustoMSC dan akan dioperasikan di wilayah lepas pantai Jepang.

Serah terima kapal SEP CP-16001 oleh PaxOcean kepada Penta-Ocean dilaksanakan di galangan kapal PaxOcean di Pulau Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. 

PaxOcean adalah pemilik salah satu galangan kapal terbesar di Indonesia yang berlokasi di Pulau Batam, selain memiliki di negara lain yakni Singapura dan Tiongkok.

Rampungnya pembangunan kapal SEP untuk instalasi turbin angin lepas pantai ini bukan hanya menjadi keberhasilan bagi perusahaan, namun juga merupakan pencapaian putra-putra Indonesia yang tergabung di dalam proses pembangunannya.

Executive Vice Chairman PaxOcean, Low Soon Teck menyampaikan bahwa perusahaan amat bangga dapat menyerahkan SEP CP-16001 ke Penta-Ocean, yang akan menambah kemampuan armadanya. 

“Penyerahan SEP CP-16001 kepada Penta-Ocean yang akan meningkatkan kemampuan armadanya merupakan momen yang membanggakan bagi kami," kata Low Soon Teck.

Ia mengatakan bahwa pengiriman kapal ini merupakan puncak dari kolaborasi erat antara tim Penta-Ocean dan PaxOcean dan merupakan pencapaian penting dalam kemitraan yang kuat dan telah lama berjalan

Baca juga : Toyota Luncurkan New Corolla Altis, Ini Kelebihan Dan Harganya

Kapal dengan panjang 119,4 meter, lebar 45 meter, dan kedalaman 10 meter, SEP CP-16001 merupakan kapal terbesar kedua milik Penta-Ocean. Pengoperasiannya juga diharapkan dapat memacu pengembangan pembangkit listrik tenaga angin lepas pantai di Jepang.

Penyelesaian SEP CP-16001 oleh PaxOcean di Batam juga merupakan momen penting bagi pengembangan energi terbarukan di Indonesia, khususnya tenaga angin. 

Penyerahan tersebut menunjukkan kemampuan industri dalam negeri terkait keberhasilan berpartisipasi dalam pengembangan energi terbarukan, termasuk memproduksi instalasi pendukung pembangunan turbin angin lepas pantai.

“Kami bangga bahwa banyak putra-putra Indonesia memiliki kesempatan untuk terlibat dalam pembuatan SEP CP-16001, terutama mengingat pembangunannya dilakukan di galangan kapal PaxOcean di Batam. Kami melihat hal ini tidak hanya berkontribusi pada pengalaman mereka namun juga pada pengembangan sumber daya manusia Indonesia, termasuk dalam bidang energi terbarukan yang menjadi semakin penting,” ujar Low Soon Teck lebih lanjut.

SEP CP-16001 ini jelasnya dilengkapi dengan fitur-fitur mutakhir antara lain, derek angkat berat Huisman dengan panjang boom 130 meter, kapasitas angkat 1.600 ton dan tinggi kait utama 147,3 meter di atas dek.

Kapal SEP CP-16001 dibangun dengan daya tampung hingga 100 orang dan juga dilengkapi dengan peralatan utama, seperti sistem jacking berkelanjutan yang canggih dari GustoMSC, empat kaki melingkar yang tertutup berukuran 92,5 meter serta sistem Dynamic Positioning (DP II) Kongsberg.

SEP CP-16001 memiliki keunggulan atau karakteristik sebagai berikut: Dengan mendongkrak lambung kapal di atas udara laut, ini akan memastikan pengoperasian derek yang aman, efisien, dan sangat presisi – sekalipun instalasi SEP CP-16001 ini berada di wilayah laut dengan kondisi meteorologi dan hidrografi yang parah. 

Karena, SEP CP-16001 ini dirancang untuk beroperasi di perairan dalam, hingga kedalaman 50 meter.

Baca juga : BNPT Gelar Penguatan Kapasitas Dan Kompetensi Aparat Di Jatim

Derek yang berputar penuh dengan kapasitas angkat 1.600 ton memungkinkan pemasangan turbin angin berdaya hingga 10MW-12MW, termasuk pemasangan berbagai pondasi seperti monopiles, jaket, dan lainnya.

Dengan ruang dek yang besar dan kapasitas jack-up yang memadai, SEP CP-16001 ini dapat membawa beberapa turbin angin untuk pekerjaan instalasi yang efisien.

Dengan Sistem Pemosisian Dinamis (DPS), kapal dapat menjaga posisi lambung kapal dengan presisi tinggi, dan mengurangi penentuan waktu posisi yang diperlukan selama mendongkrak SEP.

Kapal CP-16001 nantinya akan berperan dalam pembangunan di proyek pembangkit listrik tenaga angin di Kitakyushu, Prefektur Fukuoka, Jepang pada November 2023. 

Presiden Penta-Ocean Shimizu Takuzo mengatakan suatu kehormatan bisa bekerja sama dengan PaxOcean dalam menyelesaikan kapal canggih tersebut.

Ia menjelaskan bahwa lapal CP- 16001 adalah kapal kedua untuk Penta-Ocean yang akan mulai beroperasi pada November ini di proyek pembangkit listrik tenaga angin di Kitakyushu, Prefektur Fukuoka, Jepang. 

Setelah itu, beberapa proyek pembangkit listrik tenaga angin besar akan dimulai di Jepang mulai 2027 dan seterusnya. 

"Saya yakin, kapal ini akan memberikan kontribusi signifikan terhadap perluasan tenaga angin lepas pantai di Jepang,” kata Presiden Penta-Ocean Shimizu Takuzo saat acara serah terima kapal tersebut.

Baca juga : Tambah Armada Kapal, HAIS Targetkan Capai Volume Angkut Sebesar 10 Juta MT

Direktur Komersial Fixed Wind GustoMSC Marc Doorduin mengatakan bahwa kapal ini didesain dengan mempertimbangkan fitur-fitur industri terkemuka demi keselamatan dan keberlanjutan. Karena SEP CP16001 ini dibangun dalam rangka memerangi perubahan iklim.

“Seiring dengan upaya kami untuk memenuhi permintaan energi global yang terus meningkat, kami menyadari perlunya merevolusi pembangkitan energi, baik dari segi teknis maupun ekonomi,” papar Marc Doorduin.

Ia menyebutkan bahwa pemahaman mendalam tentang operasi lepas pantai kliennya, telah berujung kepada pengembangan desain kapal jack-up GJ-9800C.

Keberhasilan pengiriman CP-16001 juga menandakan keberhasilan kolaborasi pihaknya dengan PaxOcean.

"Kami sangat menantikan kemitraan dengan mereka ke depannya untuk mendorong inovasi dan memodernisasi industri lepas pantai,” pungkas Marc.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.