Dark/Light Mode

PaxOcean Batam Bangun Kapal SEP Untuk Penta Ocean Jepang

Senin, 2 Oktober 2023 20:00 WIB
PaxOcean Group menyerahkan sebuah kapal self-elevating platform (SEP) untuk instalasi turbin angin lepas pantai dengan nomor seri CP-16001 SEP CP- 16001 kepada Penta–Ocean Construction Co. Ltd. Penta-Ocean. (Foto: Ist)
PaxOcean Group menyerahkan sebuah kapal self-elevating platform (SEP) untuk instalasi turbin angin lepas pantai dengan nomor seri CP-16001 SEP CP- 16001 kepada Penta–Ocean Construction Co. Ltd. Penta-Ocean. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PaxOcean Group (PaxOcean) menyerahkan kapal self-elevating platform (SEP) untuk instalasi turbin angin lepas pantai dengan nomor seri CP-16001 (SEP CP-16001) kepada Penta Ocean Construction Co. Ltd. (Penta Ocean). 

SEP CP-16001 merupakan kapal instalasi turbin lepas pantai seri GJ-9800C yang didesain oleh GustoMSC dan akan dioperasikan di wilayah lepas pantai Jepang.

Serah terima kapal SEP CP-16001 oleh PaxOcean kepada Penta Ocean dilakukan di galangan kapal PaxOcean di Pulau Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. 

Rampungnya pembangunan kapal SEP untuk instalasi turbin angin lepas pantai ini bukan hanya menjadi keberhasilan bagi perusahaan, namun juga merupakan pencapaian putra-putra Indonesia yang tergabung di dalam proses pembangunannya.

Baca juga : Barca-Mallorca Imbang, Xavi Soroti Lemahnya Pertahanan

Executive Vice Chairman PaxOcean, Low Soon Teck mengatakan, perusahaan amat bangga dapat menyerahkan SEP CP-16001 ke Penta Ocean. “Pengiriman kapal ini adalah puncak dari kolaborasi erat antara tim Penta Ocean dan PaxOcean dan merupakan pencapaian penting dalam kemitraan kami yang kuat dan telah lama berjalan,” ujar Low Soon Teck.

Dengan panjang 119,4 meter, lebar 45 meter, dan kedalaman 10 meter, SEP CP-16001 kini menjadi kapal terbesar kedua milik Penta Ocean. Pengoperasiannya juga diharapkan dapat memacu pengembangan pembangkit listrik tenaga angin lepas pantai di Jepang.

Penyelesaian SEP CP-16001 oleh PaxOcean di Batam juga merupakan momen penting bagi pengembangan energi terbarukan di Indonesia, khususnya tenaga angin. Penyerahan tersebut menunjukkan kemampuan industri dalam negeri Republik ini terkait keberhasilan berpartisipasi dalam pengembangan energi terbarukan, termasuk memproduksi instalasi pendukung pembangunan turbin angin lepas pantai.

“Kami bangga bahwa banyak putra-putra Indonesia memiliki kesempatan untuk terlibat dalam pembuatan SEP CP-16001, terutama mengingat pembangunannya dilakukan di galangan kapal PaxOcean di Batam. Kami melihat hal ini tidak hanya berkontribusi pada pengalaman mereka, namun juga pada pengembangan sumber daya manusia Indonesia, termasuk dalam bidang energi terbarukan yang menjadi semakin penting,” ujar Low Soon Teck lebih lanjut.

Baca juga : Di Perbatasan RI-Malaysia, Kepala BPIP Monitoring Buku Pendidikan Pancasila

SEP CP-16001 juga dilengkapi dengan fitur-fitur mutakhir antara lain, derek angkat berat Huisman dengan panjang boom 130 meter, kapasitas angkat 1.600 ton dan tinggi kait utama 147,3 meter di atas dek. Kapal SEP CP-16001 dibangun dengan daya tampung hingga 100 orang dan juga dilengkapi dengan peralatan utama, seperti sistem jacking berkelanjutan yang canggih dari GustoMSC, empat kaki melingkar yang tertutup berukuran 92,5 meter serta sistem Dynamic Positioning (DP II) Kongsberg.

Kapal CP-16001 nantinya akan berperan dalam pembangunan di proyek pembangkit listrik tenaga angin di Kitakyushu, Prefektur Fukuoka, Jepang pada November 2023. 

Presiden Penta-Ocean, Shimizu Takuzo mengatakan, merupakan suatu kehormatan untuk bekerja sama dengan PaxOcean menyelesaikan kapal canggih ini. Kapal CP-16001 adalah kapal kedua untuk Penta-Ocean yang akan mulai beroperasi pada November ini di proyek pembangkit listrik tenaga angin di Kitakyushu, Prefektur Fukuoka, Jepang. 

“Setelah itu, beberapa proyek pembangkit listrik tenaga angin besar akan dimulai di Jepang mulai 2027 dan seterusnya. Saya yakin, kapal ini akan memberikan kontribusi signifikan terhadap perluasan tenaga angin lepas pantai di Jepang,” ujarnya saat acara serah terima kapal tersebut.

Baca juga : Pertamina Siap Bangun Sustainable Energy Center Di IKN

Didesain dan dirancang dengan mempertimbangkan fitur-fitur industri terkemuka demi keselamatan dan keberlanjutan, SEP CP16001 ini dibangun dalam rangka memerangi perubahan iklim. “Seiring dengan upaya kami untuk memenuhi permintaan energi global yang terus meningkat, kami menyadari perlunya merevolusi pembangkitan energi, baik dari segi teknis maupun ekonomi,” papar Direktur Komersial Fixed Wind GustoMSC dari GustoMSC, Marc Doorduin.

PaxOcean adalah pemilik salah satu galangan kapal terbesar di Indonesia yang berlokasi di Pulau Batam, selain memiliki di negara lain yakni Singapura dan China.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.