Dark/Light Mode

Kapolda Sumsel Apresiasi PT BMH Bantu Pemadaman Karhutla

Kamis, 5 Oktober 2023 12:00 WIB
Kapolda Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo. (Foto: Ist)
Kapolda Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rahmad Wibowo menginstruksikan pembuatan embung untuk sumber air pemadaman kebakaran lahan di lokasi titik api di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Hal tersebut dikatakan Kapolda saat melakukan pemantauan udara di lokasi titik api di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Rabu (4/10).

Baca juga : Implementasi ASOCA Menuju Pemilu Transparan

Dikutip dari Antara, patroli udara dilakukan dengan menggunakan helikopter Dolphin P-3102 untuk memantau dan mengetahui secara langsung perkembangan titik api yang masih terjadi di Kabupaten OKI sekaligus mencari solusi pemadaman titik api di sana.

Selain mengecek titik api, rombongan Kapolda juga melakukan pengecekan rumah seorang warga yang terdampak karhutla, pengecekan lahan perusahaan plasma termasuk pengecekan sumber air untuk pemadaman.

Baca juga : Cedera, Apriyani Bakal Langsung Pulang Ke Jakarta

Pada kesempatan itu, Kapolda memberikan arahan dalam pertemuan di Kantor Camat Tulung Salapan OKI, salah satunya arahan untuk pembuatan embung yang ukuranya cukup untuk cadangan pengambilan air heli waterbombing agar memudahkan dalam melaksanakan pemadaman.

Ia juga mengingatkan beberapa hal yang harus dioptimalisasi antara lain pembuatan embung atau kantong-kantong air, selalu semangat bergotong royong dalam penanganan karhutla. Selain itu, dia meminta saling mengingatkan dalam mengedukasi untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar lahan yang mengakibatkan polusi udara dan asap yang merusak ekosistem lingkungan hidup sekitarnya.

Baca juga : Menteri Siti Beberkan Upaya Pemerintah Atasi Karhutla

Kapolda juga menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak, termasuk perusahaan yang turut terlibat dalam pemadaman karhutla meski bukan di wilayah mereka. Kapolda juga mengucapkan terima kasih kepada korporasi yang sangat membantu meski kebakaran itu bukan di wilayah konsesinya, seperti PT BMH dari grup Sinar Mas yang mengirimkan lima heli waterbombing, masker dan pompa air

Polda Sumsel terus melakukan berbagai upaya penanganan karhutla dengan berkoordinasi dan kolaborasi dengan institusi terkait lain yakni Pemprov Sumsel, Kodam II Sriwijaya, BNPB, Manggala Agni, kabupaten/kota, korporasi dan stakeholder lainnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.