Dark/Light Mode

Program Bazaar Shopee Pilih Lokal, Fasilitasi Perajin Batik Tembus Pasar Global

Kamis, 5 Oktober 2023 19:54 WIB
Shopee Indonesia mendukung UMKM lokal, termasuk produsen dan perajin batik di sepanjang 2023. (Foto: Dok. Shopee)
Shopee Indonesia mendukung UMKM lokal, termasuk produsen dan perajin batik di sepanjang 2023. (Foto: Dok. Shopee)

 Sebelumnya 
Di kesempatan yang sama, Perancang Busana Didiet Maulana menyampaikan apresiasinya terhadap komitmen Shopee dalam mendukung UMKM lokal mendunia.

“Sebagai pelaku industri mode di Indonesia, saya bangga dan mengapresiasi Shopee yang punya komitmen untuk mendukung para produsen dan pengrajin batik dan UMKM lokal untuk bisa dikenal luas hingga mancanegara," ujar Didiet.

Ia sangat mengapresiasi penjual batik di Shopee, yang memberikan inspirasi bagi UMKM lain untuk terus berinovasi dan mengkreasikan batik hingga menjadi tren masa kini.

Baca juga : Program Makmur Petrokimia Gresik Pertahankan Predikat Jatim Lumbung Gula Nasional

Program Ekspor Shopee, Membawa Produk UMKM Asal Bandung ke Kancah Internasional Salah satu pengusaha batik lokal yang berhasil menembus pasar internasional bersama Shopee, adalah Nurdini Prihastiti dan Bheben Oscar, pemilik usaha batik bernama Damakara.

Dini dan Bheben menciptakan motif batik yang terinspirasi dari Iris Grace, anak berkebutuhan khusus yang mengikuti terapi gambar dan hasil gambar tersebut diaplikasikan ke koleksi batik Damakara yang khas.

“Saya sadar bahwa teman-teman istimewa ini punya minat dan bakat yang luar biasa. Untuk itu kami merangkul dan memberikan ruang bagi mereka untuk menciptakan karya dalam bentuk gambar. Kami juga mengapresiasi gambar yang diangkat ke dalam koleksi dengan royalti penjualan setiap bulannya,” ujar Dini.

Baca juga : Kriyanusa 2023 : UMKM Pertamina Siap Naik Kelas Masuki Pasar Global

Melalui Damakara, Dini dan Bheben ingin mengajak lebih banyak generasi muda untuk bangga menggunakan batik tidak hanya untuk kegiatan formal, namun juga dalam kehidupan sehari-hari.

Ia juga bercita-cita untuk membawa batik yang ditelurkan oleh teman-teman istimewa ke ranah internasional.

Untuk mengoptimalkan misi usahanya, Dini dan Bheben mengambil langkah digitalisasi dan bergabung bersama Shopee.

Baca juga : OJK Susun Rancangan Standar Kompetensi Kerja Bidang Pasar Modal

Melalui perkembangan bisnisnya bersama Shopee, Dini berhasil menjual produknya hingga ke Malaysia, Singapura, hingga Taiwan.

Berkat pasar yang lebih luas dan pesanan lebih banyak, kini ia mampu memberdayakan hingga 12 karyawan dan 60 perajin batik yang mayoritas adalah ibu rumah tangga yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.