Dark/Light Mode

Dukung Daur Ulang Botol Plastik, Coca-Cola dan Grab Rilis Program Recycle Me

Sabtu, 7 Oktober 2023 18:48 WIB
Yayasan Mahija Parahita Nusantara dan Waste4Change, Coca-Cola dan Grab meluncurkan program daur ulang Recycle Me.(Foto: Istimewa)
Yayasan Mahija Parahita Nusantara dan Waste4Change, Coca-Cola dan Grab meluncurkan program daur ulang Recycle Me.(Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai upaya mendukung daur ulang kemasan botol plastik PET bekas pakai konsumen, Yayasan Mahija Parahita Nusantara dan Waste4Change, Coca-Cola dan Grab meluncurkan program daur ulang yang dikenal dengan nama 'Recycle Me’.

Program ini dirancang untuk memberikan insentif, khususnya kepada para konsumen yang bermukim di daerah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, guna mendorong partisipasi masyarakat akan daur ulang kemasan botol plastik bekas pakai.

Memasuki tahun ketiga bagi Coca-Cola, Yayasan Mahija Parahita Nusantara, dan Waste4Change berkolaborasi pada program ini yang terus berkembang dari segi ukuran dan keterlibatan mitra.

“Kami sangat gembira bisa menjalin kemitraan dengan super app terkemuka di Asia Tenggara seperti Grab, "ujar Director of Public Affairs, Communications and Sustainability PT Coca Cola Indonesia Triyono Prijosoesilo dalam keterangannya, Sabtu (7/10).

Triyono menambahkan, kerja sama ini juga dalam mendukung meningkatkan program pengumpulan dan daur ulang serta berinteraksi lebih dekat dengan konsumen untuk memberikan kehidupan baru bagi botol plastik PET.

Baca juga : Dukung Pengelolaan Bidang Geologi, PHE Raih Apresiasi Dari Badan Geologi KESDM

“Kami melihat adanya peluang besar dalam memanfaatkan jaringan dan infrastruktur logistik Grab untuk mendukung terwujudnya tujuan kami," ujar Triyono.

Hal ini menurutnya sejalan dengan visi global ‘World Without Waste’, di mana kami berkomitmen untuk mendukung ekonomi sirkular loop tertutup dalam pengelolaan kemasan di Indonesia.

Untuk setiap botol yang didaur ulang melalui program ‘Recycle Me’, konsumen tidak hanya berkesempatan untuk mendapatkan hadiah, tetapi juga berperan penting dalam memberikan kehidupan baru bagi botol-botol tersebut.

Botol-botol yang berhasil terkumpul akan diolah menjadi botol plastik yang baru melalui proses daur ulang di pabrik Amandina Bumi Nusantara.  

Pada bulan Juni 2023 lalu, Coca-Cola telah meluncurkan botol 100 persen recycled PET (rPET) (tidak termasuk tutup dan label) untuk menawarkan pilihan kemasan yang berkelanjutan dan praktis bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga : Sambut Hari UMKM Nasional, Lazada Rilis Program Khusus Penjual Baru

Plastik PET merupakan bahan yang dapat diolah kembali dan memiliki peran penting dalam menciptakan ekonomi berkelanjutan.

Saat ini, satu dari setiap tiga botol produk dari Coca-Cola yang beredar di pasar Indonesia terbuat dari plastik 100 persen plastik rPET (daur ulang) yang diproduksi secara lokal di Indonesia.  

Chief of Public Affairs Grab Indonesia Tirza Munusamy mengatakan, Grab telah menetapkan tujuan Carbon Neutral dan Zero Waste to Nature pada tahun 2040.

“Kami percaya bahwa melestarikan lingkungan dan meminimalkan dampak perubahan iklim akan memastikan keberhasilan ekonomi jangka panjang bagi mitra dan komunitas kami," ujar Tirza.

Menurutnya melalui kemitraan bersama Coca-Cola, Yayasan Mahija Parahita Nusantara, dan Waste4Change, Grab Indonesia secara aktif mendukung daur ulang di Indonesia sebagai langkah nyata untuk mencapai zero packaging waste in nature (alam tanpa sampah kemasan) di 2040.

Baca juga : Dukung Startup Smart City, Endeavor Hadirkan Kembali Program Scale Up

Program ‘Recycle Me’ akan berlangsung selama 3 bulan yang dimulai dari 6 Oktober hingga 31 Desember 2023.

Konsumen yang ingin ikut berpartisipasi diajak untuk mengumpulkan dan mengirimkan 8 botol plastik PET bekas pakai dari semua produk minuman Coca-Cola.

Semua botol plastik bekas pakai yang terkumpul akan dikirimkan melalui layanan kirim Grab ke 8 collection center Mahija Parahita Nusantara yang tersedia di wilayah DKI Jakarta, Bekasi, dan Tangerang.

Sebanyak 20.000 konsumen pertama yang berpartisipasi dalam program ini akan berkesempatan untuk menerima potongan harga ongkos kirim hingga Rp. 30.000.

Selain itu, para konsumen juga berpotensi memperoleh poin reward yang dapat ditukarkan dengan hadiah menarik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.