Dark/Light Mode

Hidup Tanpa Uang Selama 15 Tahun

Senin, 9 Oktober 2023 07:04 WIB
Mark Boyle menikmati hidup dengan suasana alam. (Foto BBC)
Mark Boyle menikmati hidup dengan suasana alam. (Foto BBC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Uang bukanlah segalanya. Setidaknya bagi Mark Boyle. Pria di Inggris ini dijuluki The Moneyless Man karena hidup tanpa uang sepeser pun sejak 2008.

Dikutip Oddity Central, kemarin, Boyle juga menerapkan hidup tanpa teknologi, seperti listrik, ponsel dan internet sejak 2017. Dia mengaku awalnya sempat kesulitan beradaptasi. Namun jadi lebih menyenangkan setelah dijalani.

Baca juga : 60 Barang Di Perut, Bikin Sakit 2 Tahun

Setelah lulus kuliah dengan gelar sarjana bisnis dan ekonomi, Boyle dengan cepat mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang besar di sebuah perusahaan makanan organik di Bristol, Inggris. Dengan gaji besar yang diterimanya, dia bisa membeli semua yang diinginkan.

Namun semuanya berubah pada suatu malam pada 2007, saat dia bicara dengan seorang teman. Mereka mendiskusikan masalah-masalah dunia dan bagaimana cara terbaik mengatasinya agar dapat membuat perubahan. Saat itulah ia menyadari bahwa uang adalah akar sebagian besar masalah.

Baca juga : Human Capital Jadi Kunci Sukses Dalam Proses Transisi Energi

“Uang, yang menciptakan semacam keterputusan antara kita dan tindakan kita, apakah itu melalui pabrik-pabrik, industri pertanian, atau perang, dan saya memutuskan melihat apakah mungkin untuk tidak melakukannya,” ungkap Boyle, dilansir CNN.

Setelah itu, Boyle menjual aset yang dia punya, dan pindah ke sebuah karavan tua yang disumbangkan seseorang kepadanya. Saat itulah dia memulai kehidupannya tanpa uang. Beberapa bulan pertama terasa sulit, karena ia harus mengganti kenyamanan yang biasa didapatnya, seperti secangkir kopi di pagi hari, dengan hal-hal yang bisa ia dapatkan secara gratis dari alam.

Baca juga : KIM Yakin Prabowo Mampu Entaskan Kemiskinan Dalam 5 Tahun

“Beberapa bulan pertama terasa sulit. Namun setelah beberapa bulan, semuanya menjadi sangat mudah. Saya sudah bisa melakukan semua rutinitas saya,” akunya.

Gaya hidup Boyle yang bebas uang menjadi viral, begitu dia meluncurkan bukunya, The Moneyless Man. Isinya menjelaskan secara rinci tentang tantangan yang dia hadapi ketika melakukan transisi, mencari solusi praktis, serta filosofi yang mendorongnya melakukan perubahan drastis dalam hidup.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.