Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tingkatkan Literasi Keuangan

Jalin Sosialisasi Dasar-dasar Layanan Perbankan ke Masyarakat Pesisir Bekasi

Sabtu, 21 Oktober 2023 00:09 WIB
Sosialisasi dasar-dasar layanan perbankan yang dilakukan Jalin ke masyarakat Pantai Bahagia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (19/10). (Foto: Dok. Jalin)
Sosialisasi dasar-dasar layanan perbankan yang dilakukan Jalin ke masyarakat Pantai Bahagia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (19/10). (Foto: Dok. Jalin)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin), bagian dari holding Danareksa, terus mendukung upaya Pemerintah dalam meningkatkan literasi keuangan nasional. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan target peningkatan literasi keuangan hingga melebihi 50 persen pada akhir 2023. Meninjau data dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022 yang diselenggarakan OJK setiap tiga tahun, angka indeks literasi keuangan nasional pada 2022 mencapai 49,68 persen, menunjukkan peningkatan sebesar 9,11 persen dibandingkan dengan 2019 yang sebelumnya mencapai 38,03 persen.

Dukungan Jalin dalam meningkatkan literasi keuangan dilakukan nyata melalui penyelenggaraan sosialisasi mengenai dasar-dasar layanan perbankan kepada masyarakat di pesisir Pantai Bahagia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (19/10). Acara ini juga merupakan langkah penting dalam merayakan Bulan Inklusi Keuangan 2023 yang berlangsung sepanjang Oktober.

Baca juga : Komit Hadirkan Pembangunan Berkualitas, Ganjar Akan Maksimalkan Peran Periset

Direktur Utama Jalin Ario Tejo Bayu Aji mengapresiasi fokus OJK dalam prioritas literasi keuangan tahun 2023 yang menyasar pelajar/santri, UMKM, penyandang disabilitas dan masyarakat daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

"Sebagai perusahaan sistem pembayaran terdepan, literasi keuangan menjadi kunci penting untuk mendukung inklusi keuangan secara nasional. Dalam konteks pertumbuhan masyarakat yang terus meningkat dan permintaan akan transaksi keuangan yang semakin tinggi, peningkatan literasi keuangan hingga ke wilayah pesisir sangat penting untuk menciptakan akses keuangan yang merata," ungkap Ario.

Baca juga : Bamsoet Dorong Perbanyak Pemberian Bantuan Hukum ke Masyarakat

Terkait dengan acara ini, Jalin juga bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk menyediakan pelayanan kesehatan gratis, bantuan sembako, dan obat-obatan kepada masyarakat di pesisir Pantai Bahagia. Kolaborasi ini juga menandai awal rangkaian perayaan HUT ke-7 Jalin yang jatuh pada 3 November 2023.

Pimpinan BAZNAS bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan, mengatakan, pendistribusian bantuan serta pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat merupakan bagian dari program BAZNAS untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama keluarga rentan.

Baca juga : Teken MoU, Bank Mandiri Fasilitasi Layanan Perbankan GAKESLAB

"Kemitraan BAZNAS dan Jalin telah terjalin dengan baik dan sejalan dengan fokus BAZNAS dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bantuan langsung maupun kesehatan gratis yang akan terus ditingkatkan," ujar Saidah, dalam keterangannya, Kamis (19/10).

"Mewakili keluarga besar Jalin, saya ingin menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terus berkolaborasi dan mendukung Jalin dalam menciptakan ekosistem keuangan yang semakin baik. Kami berharap bahwa acara ini, beserta kegiatan positifnya, akan memberikan arti yang lebih dalam pada tahun ketujuh keberadaan Jalin, dengan harapan dapat memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat," tutup Ario.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.