Dark/Light Mode

Menteri Teten Ajak Pengelola Dana Remitansi Penting Perkuat PMI Mulai Usaha

Sabtu, 21 Oktober 2023 20:30 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (kedua kiri) saat penandatanganan MoU antara PT MNC Kapital Indonesia dengan Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Berhad Bank Rakyat di Jakarta, Sabtu (21/10). (Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (kedua kiri) saat penandatanganan MoU antara PT MNC Kapital Indonesia dengan Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Berhad Bank Rakyat di Jakarta, Sabtu (21/10). (Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki melihat, dana remitansi (pengiriman uang) khususnya dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) dapat menjadi kekuatan kapital yang cukup besar jika dikelola dengan baik.

"Setelah PMI pulang ke Tanah Air, ia bisa membuka lapangan usaha baru atau menginvestasikan dananya di usaha tertentu. Jadi tidak sekadar pengiriman uang atau remitansi semata," katanya dalam penandatanganan MoU antara PT MNC Kapital Indonesia dengan Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Berhad (Bank Rakyat) di Jakarta, Sabtu (21/10).

Baca juga : Kementan Tingkatkan Daya Saing Kelor Lewat Hilirisasi

Teten mengatakan, kerja sama antara MNC Kapital Indonesia dengan Bank Rakyat Malaysia diyakini dapat memberikan penguatan bagi para PMI yang selama ini bekerja di Malaysia.

"Saya percaya kerja sama ini akan memberikan kemudahan dan keamanan transaksi keuangan, transaksi valuta asing, serta pendampingan investasi keuangan kepada pekerja migran Indonesia," katanya.

Baca juga : Kenali Ciri, Penyebab, dan Cara Redakan Penyakit Radang Panggul

Ia juga menegaskan, Indonesia harus mengambil tindakan konkret untuk memperkuat perlindungan pekerja migran dan juga mendukung pertumbuhan ekonomi serta hubungan internasional yang lebih baik bagi Indonesia.

"Pekerja migran berperan dalam mendukung kontribusi ekonomi, maka PMI membutuhkan perlindungan dan kesejahteraan bagi pekerja dengan cara mengurangi risiko eksploitasi, pelecehan, dan pelanggaran hak asasi manusia,” ucap Teten.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.