Dark/Light Mode

Suharso Bertemu Dassault Aviation

Perkuat Industri Pertahanan

Senin, 9 Oktober 2023 07:20 WIB
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. (Foto: dok. Bappenas)
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. (Foto: dok. Bappenas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa melakukan pertemuan dengan Dassault Aviation di Prancis, kemarin.

Suharso bertemu dengan Senior Executive Vice Presi­dent, IT, and Chief Digital Of­ficer Dassault Aviation Laurent Bendavid, membahas industri pertahanan dan alat utama sistem pertahanan (alutsista) Indo­nesia. Dia memastikan, kerja sama kedua negara di bidang pertahanan juga selaras dengan pembangunan nasional.

Baca juga : PRUAnugerah Syariah Berikan 8 Keunggulan Perlindungan Jiwa dan Persiapan Warisan

Salah satu inti pembahasan antara Suharso dan Dassault Aviation yakni terkait dengan kemampuan pesawat tempur buatan Dassault yakni Rafale. Pesawat jet itu merupakan salah satu alutsista yang digunakan oleh Indonesia.

Suharso berpesan, agar kerja sama kedua negara tidak hanya sebatas pembelian tapi harus berprinsip buy to invest. “Apa artinya? Jadi, Indonesia tidak hanya membeli tapi kami juga ingin mengembangkan kemam­puan industri pertahanan kami,” ujar Suharso dalam keterangan resminya di pabrik Dassault Aviation di Saint-Cloud, Prancis, Minggu (8/10/2023).

Baca juga : RSUD Ulin Banjarmasin Perkuat Transformasi Pengadaan Barang Digital

Khusus terkait dengan Rafale, kata Suharso, Indonesia me­minta Prancis agar bisa melak­sanakan alih teknologi yang mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kedirgantaraan dan pertahanan di Indonesia.

Pengadaan Rafale sekaligus se­makin menguatkan posisi indus­tri pertahanan di Indonesia dalam rantai pasok global. “Untuk itu, pemahaman tentang teknologi pemeliharaan dan perawatan hingga lisensi produksi harus dimiliki Indonesia agar dapat memproduksi suku cadang atau peralatan tertentu secara domes­tik,” bebernya.

Baca juga : 20 Kata-kata Selamat Hari Batik Nasional, Bikin Caption Foto di Instagram Keren

Suharso menegaskan, ke de­pan Indonesia harus mampu menciptakan industri pertahanan yang sehat, kuat, mandiri, dan berdaya saing.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.