Dark/Light Mode

Dikasih Duit Rp 400 Ribu Dan Beras 10 Kg

Rakyat Miskin Diguyur BLT Hingga Desember

Jumat, 27 Oktober 2023 07:10 WIB
Dikasih Duit Rp 400 Ribu Dan Beras 10 Kg Rakyat Miskin Diguyur BLT Hingga Desember

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah bakal mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 400 ribu untuk seluruh masyarakat yang terdampak El Nino. Bantuan beras 10 kilogram (kg) juga bakal dilanjutkan sampai Desember.                                                                                    

BLT dan beras dari Pemerintah ini diberikan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM). BLT dicairkan untuk menjaga daya beli masyarakat imbas dampak El Nino.

“Kami juga akan mengeluarkan BLT,” kata Jokowi saat kunjungan kerja ke Padang, Sumatera Barat, untuk meninjau gudang Bulog baru Rawang Timur, Kamis (26/10/2023).

Baca juga : Ganjar Disayang Warga Jawa Barat

Mantan Wali Kota Solo itu menjelaskan, BLT El Nino itu akan diberikan langsung ke masyarakat pada November dan Desember 2023 dengan total Rp 400 ribu.

BLT itu akan diserahkan oleh Pemerintah melalui dua tahapan, yaitu Rp 200 ribu pada tahap pertama November, dan Rp 200 ribu pada periode Desember.

Tak hanya BLT uang tunai, Kepala Negara juga memastikan bantuan beras 10 kg akan dilanjutkan ke Desember. Bantuan tersebut rencananya diberikan 3 kali dari September ke November 2023.

Baca juga : Selasa, Pele Dimakamkan Di Kuburan Tertinggi Di Dunia

Jokowi menyatakan, penyaluran bantuan beras 10 kg tersebut sudah berjalan sejak September. Dari pengecekan yang dilakukan, ada pihak yang sudah menerima dua kali, ada juga yang baru sekali.

Eks Wali Kota Solo itu berharap, November nanti penyaluran beras sudah selesai tepat waktu dengan 3 kali penyaluran per penerima.

Rencana awalnya, program bantuan sosial (bansos) beras diberikan kepada 21,3 juta KPM. Sebanyak 640 ribu ton beras akan disalurkan selama tiga bulan kepada puluhan juta keluarga. Setiap bulannya, KPM akan menerima 10 kg beras.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.