Dark/Light Mode

Dikasih Duit Rp 400 Ribu Dan Beras 10 Kg

Rakyat Miskin Diguyur BLT Hingga Desember

Jumat, 27 Oktober 2023 07:10 WIB
Dikasih Duit Rp 400 Ribu Dan Beras 10 Kg Rakyat Miskin Diguyur BLT Hingga Desember

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, Pemerintah akan mengucurkan BLT senilai Rp 7,52 triliun pada 18,8 juta KPM. Bantuan akan diberikan Rp 200 ribu per bulan untuk setiap KPM pada November-Desember 2023.

“Penerima BLT ini sudah ada nama dan nomor akun penerima di Kementerian Sosial, sehingga kami tidak mencari lagi siapa targetnya,” kata Sri Mulyani.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, Presiden Jokowi sudah meminta agar bantuan beras 10 kg diperpanjang sebulan hingga Desember dalam rapat terbatas dengan para menteri.

Baca juga : Ganjar Disayang Warga Jawa Barat

“Dalam rapat, Bapak Presiden mengarahkan bantuan beras dilanjutkan Desember,” kata Airlangga.

Airlangga juga memastikan, Pemerintah akan memperpanjang bantuan sosial atau Bansos beras. Bansos beras tahap 2 disalurkan pemerintah ke 38 provinsi selama tiga bulan, mulai September hingga November.

Bantuan yang diberikan sebesar masingmasing 10 kg kepada 21,3 juta KPM. “Kan Oktober sudah, November sudah. Jadi tinggal Desember, ditambah lagi,” tutur Airlangga.

Baca juga : Selasa, Pele Dimakamkan Di Kuburan Tertinggi Di Dunia

Seperti diketahui, fenomena El Nino sudah melanda berbagai wilayah di Indonesia sejak beberapa bulan lalu, meski kini sudah ada sejumlah daerah yang diguyur hujan.

Cuaca panas ekstrem yang melanda sejumlah wilayah Indonesia beberapa bulan terakhir ini merupakan salah satu dampak dari fenomena El Nino.

El Nino ditandai dengan meningkatnya suhu permukaan air Samudera Pasifik Tengah dan Timur melebihi kondisi normal.

Baca juga : Kasih Tip Rp 45 Juta, Pelanggan Digugat Resto

Fenomena El Nino yang menyebabkan cuaca panas ekstrem ini merugikan beberapa sektor, termasuk pertanian. Karena itu, Pemerintah meluncurkan berbagai strategi agar ketahanan pangan tetap bisa dijaga.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 27/10/2023 dengan judul Dikasih Duit Rp 400 Ribu & Beras 10 Kg, Rakyat Miskin Diguyur BLT Hingga Desember

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.