Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Raih 2 Digit Survei Litbang Kompas

AHY Sukses Pimpin Demokrat Meski Di Luar Pemerintahan

Selasa, 21 Juni 2022 21:44 WIB
Deputi Analisa Data dan Informasi
Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution. (Foto: Istimewa)
Deputi Analisa Data dan Informasi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Litbang Kompas teranyar menempatkan Partai Demokrat pada peringkat ke-3 raihan suara tertinggi nasional. Elektabilitasnya tembus dua digit, 11,6 persen.

Deputi Analisa Data dan Informasi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution menyatakan, hasil ini adalah bukti pencapaian Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memimpin partai dari luar pemerintahan.

"AHY membalikkan prediksi sejumlah pengamat terhadap keraguan manajerial dalam mengelola partai," kata Syahrial dalam keterangannya kepada RM.id, Selasa (21/6).

Apalagi, lanjut Syahrial, AHY dihadapkan sebagai oposisi yang terus mendapat tekanan dan ujian dari unsur pemerintahan. Termasuk ketika dihadapkan pada kisruh Partai Demokrat beberapa waktu lalu.

Baca juga : DPW Perindo DKI: Bukti Mesin Partai Bergerak

Meski menghadapi gejolak hebat, tegas Syahrial, AHY tetap tertib dalam memperkuat peran parlemen untuk pro terhadap isu-isu yang terkait dengan kepentingan rakyat.

"Kepiawaian membangun narasi dan orkestrasi terhadap peran parlemen dan struktur partai, membuat Demokrat makin diminati rakyat pemilih," ungkapnya.

Pencapaian angka 11,6 persen hasil Sigi Litbang Kompas, dikatakan Syahrial adalah jawaban atas segala keraguan terhadap AHY.

"Sebaliknya, menjadi sebuah pembuktian bahwa AHY mampu menjadi nakhoda yang handal membawa biduk ke arah yang benar. Sesuai yang diinginkan rakyat," bangganya.

Baca juga : Sekjen Kemendagri Dorong Reformasi Birokrasi Di Kementerian

Ditegaskannya, Partai Demokrat akan terus mengawal, jangan sampai rakyat terperosok ke dalam jurang kesulitan yang makin dalam. Mengingat, hasil sigi Litbang Kompas sehari sebelumnya mengungkap bahwa kepuasan publik terhadap pemerintah terus menurun.

"Sebagai partai politik, AHY tetap membuka ruang komunikasi dengan semua stake holders yang ada untuk kebaikan bangsa. Namun, tetap dalam ruang kompromi yang sejajar dan tidak mengorbankan kepentingan rakyat," pungkasnya.

Seperti diketahui, Litbang Kompas merilis survei terbaru bursa parpol menuju Pemilu 2024. Hasilnya, PDIP tetap di pucuk dengan elektabilitas sebesar 22,8 persen. 

Di urutan kedua, Partai Gerindra sebesar 12,5 persen. Kemudian, Partai Demokrat (11,6 persen), Partai Golkar (10,3 persen), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sama-sama memperoleh 5,4 persen. Partai NasDem (4,1 persen) dan PAN 3,6 persen.

Baca juga : Dukung Susi Nyapres, Relawan #KopiSusi Deklarasi Di Bekasi

Sementara itu, jumlah swing voter atau suara mengambang pada survei elektabilitas parpol terbaru yang digelar Litbang Kompas, mencapai 16 persen. Adapun, perolehan parpol lainnya di luar parlemen lainnya seperti Partai Hanura hanya memperoleh 1 persen, PSI 0,7 persen, dan PBB 0,4 persen.

Survei tersebut melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak pada 26 Mei hingga 4 Juni 2022, dengan margin of error, 2,8 persen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.