Dark/Light Mode

Pembayaran PBB Lewat Tokopedia Melonjak 1,5 Lipat di Kuartal III-2023

Rabu, 1 November 2023 12:51 WIB
Pembayaran PBB melalui Tokopedia meningkat hampir 1,5 kali lipat pada kuartal III-2023 dibandingkan kuartal II-2023. (Ilustrasi Istimewa)
Pembayaran PBB melalui Tokopedia meningkat hampir 1,5 kali lipat pada kuartal III-2023 dibandingkan kuartal II-2023. (Ilustrasi Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melalui Tokopedia meningkat hampir 1,5 kali lipat pada kuartal III-2023 dibandingkan kuartal II-2023.

Head of Digital Goods Tokopedia Jonathan Tricahyo mengatakan, dalam mempermudah masyarakat membayar berbagai jenis pajak, termasuk PBB, sekaligus membantu pembangunan Indonesia, Tokopedia bersinergi bersama pemerintah pusat, daerah dan sejumlah mitra strategis lain, dengan terus menggencarkan inisiatif Loket Pajak Tokopedia.

“Pembayaran PBB merupakan instrumen penting bagi pembangunan sebuah negara. PBB adalah pajak yang dibayarkan oleh individu maupun badan yang memiliki tanah dan bangunan setiap tahunnya, dan digunakan untuk membiayai pembangunan fasilitas umum, seperti jalan raya, jembatan, sekolah dan masih banyak lagi,” ujar Jonathan dalam keterangan resmi, Rabu (1/11/2023).

Jonathan mengatakan, transaksi PBB lewat Tokopedia di Pringsewu, Madiun, Landak, Tanah Bumbu dan Hulu Sungai Utara naik tajam.

Baca juga : Laba BSI Tembus Rp 4,20 Triliun di Kuartal III-2023

Saat ini, Tokopedia telah memfasilitasi pembayaran PBB di lebih dari 260 kota dan kabupaten di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di hampir 100 persen kota atau kabupaten di pulau Jawa.

“Partisipasi masyarakat di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia dalam membayar PBB menunjukkan tren yang sangat positif pada kuartal III tahun 2023 dibandingkan kuartal II tahun 2023,” terangnya.

Beberapa wilayah, seperti Pringsewu (Lampung), Madiun (Jawa Timur), Landak (Kalimantan Barat), Tanah Bumbu (Kalimantan Selatan) dan Hulu Sungai Utara (Kalimantan Selatan), mengalami kenaikan tertinggi transaksi PBB melalui Tokopedia, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 30 kali lipat.

Tokopedia lewat Loket Pajak Tokopedia telah membantu memungkinkan masyarakat membayar lebih dari 900 jenis penerimaan negara dan daerah melalui berbagai fitur, termasuk PBB.

Baca juga : Penerimaan Prakerja Hampir Deadline, Tokopedia Gelar Ratusan Kelas Pelatihan

Masyarakat pun bisa membayar berbagai pajak tersebut dengan lebih dari 50 metode pembayaran yang tersedia di Tokopedia.

Jonathan mengatakan, digitalisasi pembayaran pajak, seperti Loket Pajak Tokopedia sangat penting dilakukan untuk mempermudah masyarakat mengakses layanan publik.

“Tokopedia akan terus mengupayakan kolaborasi dan menghadirkan inovasi bersama mitra strategis dalam memfasilitasi kemudahan masyarakat menunaikan kewajiban perpajakan guna membantu pembangunan negara khususnya daerah,” ujarnya.

Membayar PBB lewat Tokopedia sangat mudah. Ketik ‘Loket Pajak Tokopedia’ di kolom pencarian aplikasi maupun situs Tokopedia, lalu pilih ‘PBB’.

Baca juga : CIMB Niaga Raih Pertumbuhan Laba 27,6 Persen Sebesar Rp 4,9 T di Kuartal III 2023

Isi provinsi, kota/kabupaten, serta tahun pajak yang akan dibayar. Kemudian masukkan Nomor Objek Pajak, lalu klik ‘Cek Tagihan’, dan akan muncul rincian tagihan. Pilih metode pembayaran yang diinginkan.

“Ketika pembayaran sukses, sistem Tokopedia akan mengirimkan notifikasi berisi bukti bayar yang sah,” pungkas Jonathan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.