Dark/Light Mode

Dukung Ketahanan Pangan

KPI Resmikan Desa Energi Berdikari Kalijaran

Kamis, 2 November 2023 11:36 WIB
Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Taufik Aditiyawarman meresmikan Desa Energi Berdikari di Desa Kalijaran, Maos, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (2/11/2023).
Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Taufik Aditiyawarman meresmikan Desa Energi Berdikari di Desa Kalijaran, Maos, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (2/11/2023).

 Sebelumnya 
Dampak lain dari penerapan program ini adalah Desa Kalijaran menjadi desa percontohan pengembangan EBT untuk pertanian dan menjadi tempat pengabdian masyarakat, salah satunya civitas Politeknik Negeri Cilacap (PNC).

“Inovasi ini berdampak sangat baik bagi peningkatan pertanian masyarakat. Dengan demikian menjadikan kawasan Desa Kalijaran menjadi Desa Energi Berdikari yang sustainable di lingkungan, ekonomi serta sosial,” ungkapnya.

Desa Energi Berdikari merupakan program unggulan TJSL Pertamina yang berfokus pada pengembangan ekonomi berbasis Energi Baru Terbarukan.

Baca juga : Bamsoet Dukung Peta Jalan Indonesia Emas 2045 Kadin Indonesia

"Sejak ada Desa Energi Berdikari ini, petani bisa panen sampai tiga kali setahun. Sebelumnya hanya panen dua kali setahun," terangnya.

Taufik menambahkan, kehadiran Desa Energi Berdikari Kalijaran ini juga membuktikan komitmen KPI memenuhi aspek Enviromental, Social, dan Governance (ESG) secara terintegrasi dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan dan masyarakat, yang berfokus pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Nomor 7 yaitu Energi Bersih dan Terjangkau.

"Program-program yang kami rancang selalu diselaraskan dengan aspek ESG ke dalam strategi bisnis perusahaan serta memberikan manfaat bagi masyarakat agar berkembang dan berkelanjutan serta menularkan ke masyakarat lainnya," tutupnya.

Baca juga : BPJS Ketenagakerjaan Kelapa Gading Pastikan Peserta yang Teramputasi Kembali Bekerja

Vice President Corporate Social Responsibility & Small Medium Enterprises Partnership Program (CSR & SMEPP) Management Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, program Desa Energi Berdikari adalah program memanfaatkan energi surya, air, angin, dan biogas.

Program ini berhasil mengurangi emisi karbon hingga 714.000 ton ekuivalen setiap tahunnya.

"Sekitar empat ribu keluarga yang merasakan dampak positif desa energi berdikari ini," jelasnya.

Baca juga : Buka Munas Ke X, Ketum Kowani Ingatkan IPWI Tangkal Berita Hoaks Jelang Pemilu

PT KPI merupakan anak perusahaan Pertamina yang menjalankan bisnis utama pengolahan minyak dan petrokimia sesuai dengan prinsip Environment, Social & Governance (ESG).

PT KPI juga telah terdaftar dalam United Nations Global Compact (UNGC) dan berkomitmen pada Sepuluh Prinsip Universal atau Ten Principles dari UNGC dalam strategi operasional sebagai bagian dari penerapan aspek ESG.

PT KPI akan terus menjalankan bisnisnya secara professional untuk mewujudkan visinya menjadi Perusahaan Kilang Minyak dan Petrokimia berkelas dunia yang berwawasan lingkungan, bertanggung jawab sosial serta memiliki tata Kelola perusahaan yang baik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.