Dark/Light Mode

Gandeng ITB, Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa Gelar IIA 2023

Selasa, 7 November 2023 21:29 WIB
Subholding Upstream Regional Jawa bersinergi dengan civitas akademika ITB, kembali menggelar Improvement  Innovation Awards IIA 2023, Selasa - Kamis, 7-9 November 2023. (Foto: Istimewa)
Subholding Upstream Regional Jawa bersinergi dengan civitas akademika ITB, kembali menggelar Improvement Innovation Awards IIA 2023, Selasa - Kamis, 7-9 November 2023. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sementara itu, Direktur Regional Jawa Wisnu Hindadari menyampaikan, atensi pentingnya kolaborasi antara kampus dan dunia usaha dalam bidang energi.

Dalam lingkup inovasi, universitas berperan sebagai generator pengetahuan, penghasil sumber daya manusia, dan sebagai pendorong penyebarluasan agenda riset dan hasil inovasi teknologi.

Sedangkan perusahaan sebagai pengguna teknologi dan melakukan komersialisasi serta pengembangan lebih lanjut dari hasil inovasi.

“Untuk itu, melalui sinergi antara keduanya, pengembangan teknologi dan inovasi diharapkan dapat terus berkembang secara berkesinambungan," kata Wisnu.

Baca juga : Genjot Pelaku Usaha Berinvestasi Pemkot Tangsel Gelar TIF 2023

Perusahaan akan terus mendorong tim inovasi yang berprestasi untuk meningkatkan kompetensinya di Forum Internasional.

Di Tahun 2023, Regional Jawa telah mengirimkan delegasi satu tim CIP ke ISIF Turki, satu Tim TIE Taiwan dan dua Tim ke Seoul International Invention Fair (SIIF- Korea) dan membawa pulang penghargaan tertinggi.

“Harapannya ide inovasi Pekerja dapat disebarluaskan dan menjadi upaya terobosan mencapai target produksi dan menjaga kehandalan operasi, peningkatan produksi dan penemuan cadangan baru migas”, ujar Wisnu.

Rektor ITB Reini Wirahadikusumah menyatakan, agenda ini sejalan dengan komitmen ITB untuk menjadi world class university, dengan penyediaan sarana teknologi informasi yang akan meningkatkan daya saing.

Baca juga : Gandeng Pemkot Bogor, Agrinesia Dorong UMKM Lokal Dilirik Wisatawan

Ia menyampaikan, perkembangan teknologi yang sangat cepat telah menyebabkan banyak perubahan, baik dalam teknologi maupun industri.

Salah satu gagasan inovasi dalam kemajuan teknologi tersebut adalah adanya Science Techno Park (STP).

Keberadaan STP ini sangat berperan sebagai pusat ekosistem inovasi yang lengkap, mulai dari dukungan aktivitas riset inovasi, proses pembuatan prototype, hingga tahap alih teknologi yang dapat berkontribusi dalam dunia industri.

“STP ini ini semacam hub, seperti yang terjadi dalam kerja sama dengan Pertamina ini. Kita dapat melakukan interaksi serta pertukaran informasi dan knowledge yang berkaitan dengan perkembangan teknologi dan yang dapat memajukan industry,” ujar Reini.

Baca juga : Bappenas Minta Peserta Pemilu Susun Program Sejalan RPJPN 2025 - 2045

Ia berharap, dengan adanya agenda ini dapat memperkuat peran ITB dalam pengembangan kerja sama industri sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Selamat kepada Pertamina. Semoga hal-hal positif seperti ini terus memberikan kebaikan yang keberlanjutan,” kata Reini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.