Dark/Light Mode

Laba Metropolitan Land Naik 12 Persen di Kuartal III 2023

Senin, 13 November 2023 17:57 WIB
Paparan publik mengenai kinerja dan rencana Metropiltan Land untuk pengembangan proyek, di Bekasi, Senin (13/11/2023). (Foto: Istimewa)
Paparan publik mengenai kinerja dan rencana Metropiltan Land untuk pengembangan proyek, di Bekasi, Senin (13/11/2023). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) pada kuartal tiga tahun 2023 membukukan laba bersih sebesar Rp301 miliar atau naik 12 persen dibandingkan periode yang sama sebesar Rp269 miliar.

Pendapatan usaha MTLA pada kuartal tiga 2023 sebesar Rp1,284 triliun atau tumbuh sebesar 29 persen dari tahun sebelumnya pada periode yang sama sebesar Rp995 miliar.

“Laba Perseroan meningkat ditopang oleh peningkatan pendapatan dari penjualan properti di unit usaha residensial yang naik hingga 35 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya dan pendapatan berulang yang naik 16 persen dari tahun sebelumnya,” ujar Direktur PT Metropolitan Land Tbk Olivia Surodjo, saat paparan publik mengenai kinerja dan rencana Perseroan untuk pengembangan proyek, Senin (13/11/2023).

Olivia menambahkan Metland Cibitung, Metland Cileungsi dan Metland Cyber Puri memberikan kontribusi terbesar pada pendapatan penjualan Perseroan.

“Penjualan rumah tapak masih cukup baik dan isu politik masih dalam situasi yang menurut kami kondusif,” ujar Olivia.

Baca juga : Industri Logam Dasar Naik 10,86 Persen di Triwulan III 2023

Sementara pendapatan berulang Perseroan menurut Olivia didorong oleh Metropolitan Mall Bekasi, Grand Metropolitan dan Hotel Horison Ultima Bekasi.

Kontribusi masing-masing bidang usaha MTLA terhadap total pendapatan adalah 71 persen dari penjualan dan 29 persen dari pusat perbelanjaan, hotel, pusat rekreasi dan pendapatan lain-lain.

Selain itu, tercatat nilai aset Perseroan pada akhir kuartal III tahun 2023 senilai Rp6,9 triliun dan ekuitas Perseroan Rp5,04 triliun.

Pendapatan Perseroan versi marketing sales hingga Oktober 2023 sebesar Rp1,3 triliun atau 73 persen dari target tahun 2023.

Olivia mengatakan, pihaknya menyambut baik kebijakan Pemerintah untuk kembali memberikan insentif PPN DTP.

Baca juga : Ekonomi Sumsel Tumbuh 5,08 Persen di Kuartal III-2023, Tertinggi di Sumatera

"Masyarakat yang sudah siap secara finansial dapat langsung memanfaatkan program ini untuk melakukan pembelian sehingga diharapkan dapat mengejar target sales hingga akhir tahun,” jelas Olivia.

Saat ini, Perseroan memiliki 21 proyek, diantaranya 19 proyek telah berjalan dan dua proyek lainnya dalam persiapan.

Perseroan hingga kuartal III tahun 2023 telah menambah proyek baru diantaranya unit usaha One District at Puri, sebuah area commercial block yang berada di dalam kawasan Metland Cyber Puri.

Selain itu, MTLA juga telah mengoperasikan unit komersial baru yaitu Hotel Horison Ume Suites & Villas Ubud di Bali pada pertengahan tahun 2023 .

Pada bulan Mei 2023 lalu, Perseroan berhasil meraih penghargaan bergengsi Asia Pacific Property Awards 2023 - 2024 dengan kategori “Mixed Use Development” untuk proyek Metland Cibitung dan kategori “Residential Development 20 Plus Units” untuk proyek The Riviera at Puri.

Baca juga : Transaksi Produk Kesehatan di Tokopedia Naik Lebih dari 11 Kali Lipat Di Kuartal III-2023

Sebagai rangkaian menyambut hari jadi Metland ke-30 tahun, Perseroan terus melakukan kegiatan kepedulian terhadap lingkungan dan sesama, diantaranya penanaman dan pembagian pohon dengan jumlah lebih dari tiga ribu pohon yang dilakukan di proyek Metland Cibitung dan Metland Cikarang.

Kegiatan ini akan dilanjutkan dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 28 November mendatang bekerjasama dengan Real Estate Indonesia (REI) di seluruh proyek Metland.

Melalui Yayasan Metropolitan Peduli (YMP) Perseroan juga menggelar pengobatan massal dan pembagian sembako gratis sebanyak seribu pasien dikawasan Metland Cikarang, dan kegiatan sosial rutin lainnya seperti bantuan sosial bagi panti asuhan maupun panti jompo yang berada disekitar area proyek dan donor darah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.