Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kampanye KKBC Sasar Peserta Pelatihan Mengemudi di Jakarta Utara

Sabtu, 11 November 2023 13:51 WIB
Kampanye Kerja Keras Bebas Cemas (KKBC) yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit kepada peserta pelatihan mengemudi calon pemohon SIM A, Jakarta Utara. (Foto: Istimewa)
Kampanye Kerja Keras Bebas Cemas (KKBC) yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit kepada peserta pelatihan mengemudi calon pemohon SIM A, Jakarta Utara. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit menggelar kampanye Kerja Keras Bebas Cemas (KKBC) kepada peserta pelatihan mengemudi calon pemohon SIM A. Kampanye untuk sosialisasi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) khusus kelompok bukan penerima upah (BPU) ini berlangsung di Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi, Jakarta Utara.

“Dalam acara sosialisasi ini, kami tekankan pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sebagai upaya memproteksi diri dari risiko pekerjaan,” ungkap Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit Tetty Widayantie. 

Apalagi, kata Tetty, data menunjukkan bahwa kecelakaan kerja terbesar di DKI Jakarta terjadi di jalan raya atau kecelakaan lalu lintas. Jika peserta mengalami kecelakaan kerja, baik dalam perjalanan kerja maupun saat bekerja, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) BPJS Ketenagakerjaan akan membiayai seluruh kebutuhan medis pemulihannya tanpa batas.

Baca juga : Ganjar Dorong Pelatihan Manajemen Keuangan Dan Keahlian Bagi Pekerja Migran

“Berapa pun biayanya dan berapa lama perawatannya akan menjadi tanggungan BPJS Ketenagakerjaan,” ungkap Tetty. 

Begitu pula jika peserta meninggal dalam kecelakaan kerja, ahli waris berhak menerima santunan tunai senilai 48 upah yang didaftarkan. Sedangkan jika peserta meninggal bukan kecelakaan kerja, ahli waris berhak mendapatkan santunan Rp 42 juta dari Jaminan Kematian (JKM). 

“Sedangkan untuk kelompok BPU bisa memiliki perlindungan dasar yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian hanya dengan iuran yang lebih murah dari harga sebungkus rokok, yaitu cukup Rp 16.800 per bulan sudah mendapat manfaat perlindungan yang unlimited tadi,” ujar Tetty.

Baca juga : Relawan Kajol Ganjar Beri Pelatihan Keselamatan Berkendara Untuk Ojol Di SerangĀ 

Untuk itu, Tetty mendorong agar peserta pelatihan mengemudi memanfaatkan dengan baik program Jamsostek dengan segera mendaftar sebagai peserta. Menurut Tetty, saat ini banyak pekerja di sektor transportasi seperti sopir truk, pengemudi ojek online, ojek pangkalan, sopir angkot, dan sebagainya mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Karena mereka sadar jika profesi mereka ini sangat berisiko tinggi terhadap kecelakaan lalu lintas. Maka mereka yang sudah tahu program Jamsostek kelompok BPU ini pada mendaftar,” ungkap Tetty.

Untuk itu, pihaknya sangat butuh bekerja sama banyak pihak termasuk Pemkot Jakarta Utara demi mengakuisisi pekerja BPU atau pekerja informal dari berbagai profesi agar terlindungi program Jamsostek.

Baca juga : Jaga Daya Beli Masyarakat, Pemerintah Siapkan Kebijakan Bantuan Pangan 2024

Menurut Tetty, pihaknya juga menawarkan agar calon peserta sekalian menabung di program Jaminan Hari Tua (JHT) dengan hanya menambah Rp 20 ribu. Sehingga iuran bulanan kelompok BPU untuk tiga program JKK, JKM, dan JHT hanya Rp 36.800 per orang per bulan.

“Karena program JHT ini favorit peserta dari dulu. Apalagi sejauh ini terbukti hasil pengembangannya selalu memberi bagi hasil yang lebih tinggi dari bunga deposito perbankan komersial,” sebut Tetty.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.