Dark/Light Mode

Ini Syarat UMKM Naik Kelas Di Tahun 2045

Jumat, 17 November 2023 19:27 WIB
Direktur Lembaga Layanan Pemasaran LLP KUKM atau Smesco Indonesia Leonard Theosabrata di acara Diskusi media bertema UMKM Naik Kelas Menuju Indonesia Emas, di Jakarta Jumat (17/11/2023). (Foto: Istimewa)
Direktur Lembaga Layanan Pemasaran LLP KUKM atau Smesco Indonesia Leonard Theosabrata di acara Diskusi media bertema UMKM Naik Kelas Menuju Indonesia Emas, di Jakarta Jumat (17/11/2023). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sementara itu, Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad menekankan, agar Indonesia menjadi negara maju di tahun 2045, setidaknya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Di antaranya, syarat pertumbuhan ekonomi harus mencapai minimal 6-7 persen.

Baca juga : Segmen Real Estate LPKR Naik 18 Persen Di Triwulan III 2023

Kemudian, tingkat pendapatan per kapita menuju Indonesia Emas minimal juga harus mencapai minimal 12.000 dolar per kapita di tahun 2030 dan mencapai 14.000 dolar AS per kapita di tahun 2045.

Lalu laju inflasi, suku bunga yang stabil, serta jumlah penduduk hingga nilai tukar.

Baca juga : Jadi Penari Balet Umur 63 Tahun

“Jika faktor tersebut tak mendukung, maka akan sulit. Masih butuh waktu panjang untuk kita menuju Indonesia Emas. Bisa nggak kita menuju Indonesia Emas? Jelas bisa dan masih optimis. Karena sebenarnya kita masih on-track. Tinggal bagaimana dukungan peraturan serta demand atas permintaan kredit hingga 30 persen bisa terpenuhi,” jelasnya.

Lebih jauh Tauhid menyatakan, saat ini, kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) agak sedikit menurun. Namun di sektor pertanian masih terus berpotensi untuk bertumbuh.

Baca juga : Industri Logam Dasar Naik 10,86 Persen di Triwulan III 2023

“Kalau dilihat memang ada UMKM yang sudah naik kelas, tetapi masih ada yang harus menjadi perhatian untuk mencapai visi Indonesia Emas,” pungkas Tauhid.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.