Dark/Light Mode

Ini Syarat UMKM Naik Kelas Di Tahun 2045

Jumat, 17 November 2023 19:27 WIB
Direktur Lembaga Layanan Pemasaran LLP KUKM atau Smesco Indonesia Leonard Theosabrata di acara Diskusi media bertema UMKM Naik Kelas Menuju Indonesia Emas, di Jakarta Jumat (17/11/2023). (Foto: Istimewa)
Direktur Lembaga Layanan Pemasaran LLP KUKM atau Smesco Indonesia Leonard Theosabrata di acara Diskusi media bertema UMKM Naik Kelas Menuju Indonesia Emas, di Jakarta Jumat (17/11/2023). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) KUKM atau Smesco Indonesia Leonard Theosabrata menegaskan, dalam mencapai UMKM masa depan, harusnya bukan lagi membesarkan ekonomi mikro. Justru struktur ekonomi besar hanya sebesar 1 persen.

“Namun hal ini (perluasan ekonomi besar) dianggap tidak umum. Kalau ekonomi mikronya semakin besar malah menciptakan ekonomi yang hanya subsisten (hanya mencukupi kebutuhan sehari-hari),” katanya dalam diskusi media bertema ‘UMKM Naik Kelas Menuju Indonesia Emas’ yang digelar oleh Forum Wartawan Koperasi dan UKM (Forwakop) di Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Baca juga : Segmen Real Estate LPKR Naik 18 Persen Di Triwulan III 2023

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki sambung Leo, selalu menegaskan, ekonomi ultra mikro ini yang harus di agregasi oleh ekonomi besar agar merasakan multiplier effect-nya.

“Future SME itu harus bentuknya dalam ekosistem, bukan lagi bicara secara individu. Tetapi bagaimana upaya kolektif menciptakan ekosistem ekonomi menjadi berdaya,” ujar Leo.

Baca juga : Jadi Penari Balet Umur 63 Tahun

Tak hanya itu, menurut Leo, Future SME di tahun 2045 juga harus menciptakan adanya trend setter yang menumbuhkan industri turunan dari gerakan hasil kreasi.

Selain itu, UMKM yang fokus di bidang SDGs seperti agrobase juga menjadi industri yang terus tumbuh di masa depan. Namun realitasnya, segmen di industri tersebut masih sulit dari sisi investment.

Baca juga : Industri Logam Dasar Naik 10,86 Persen di Triwulan III 2023

“Saat ini, tidak perlu lagi bicara bagaimana UMKM di masa depan, tetapi action yang lebih penting," ujar Leo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.