Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Inabuyer EV Expo 2023, Aismoli Usulkan Peringatan Hari Sepeda Motor Listrik Nasional

Rabu, 29 November 2023 19:35 WIB
Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Budi Setiyadi. (Foto: Dok. Humas Kemenkop UKM)
Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Budi Setiyadi. (Foto: Dok. Humas Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam upaya menggenjot penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aismoli) Budi Setiyadi juga mengajak berbagai pihak dalam kegiatan Inabuyer Electric Vehicle (EV) Expo 2023 seperti Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), asosiasi, dan TNI untuk melakukan pencanangan Hari Sepeda Motor Listrik Nasional pada 29 November 2023.

“Mengusulkan tanggal 29 November ini, sebagai Hari Sepeda Motor Listrik Nasional. Walapun hanya sebagai hari pecanangan, tapi diharapkan gaungnya akan besar. Semakin banyak yang tahu, sehingga shiffting ke sepeda motor listrik akan lebih mudah dan masif,” ujar Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Budi Setiyadi dalam acara bertajuk, Penguatan UMKM dan Pengembangan Industri Sepeda Motor Listrik Lokal, peningkatan tingkat komponen dalam negeri (TKDN), serta pencanangan Hari Sepeda Motor Listrik Nasional di Gedung Smesco, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Baca juga : Sosialisasi 4 Pilar di Binus, Bamsoet Dorong Penguatan Sistem Hukum Nasional

Ditegaskan Budi, penggunaan kendaraan listrik, terutama sepeda motor listrik sudah sangat mendesak. Saat ini, isu polusi udara tak hanya di Jakarta, bahkan sudah mencapai seluruh wilayah Indonesia.

“Bagaimana memperbaiki kualitas udara dengan memperbanyak penggunaan motor listrik,” tegas Budi.

Baca juga : Ini Alasan Biaya Haji 2024 Diusulkan Lebih Mahal Dari Tahun Lalu

Sementara itu, Sekretaris Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Koko Haryono menambahkan, Kemenkop UKM mendukung, serta mendorong kolaborasi dalam mewujudkan penggunaan sepeda motor listrik melalui pencanangan Hari Sepeda Motor Listrik Nasional.

“Artinya, Pemerintah serius mengembangkan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Tanah Air. Hal ini juga menjadi landasan bagi pelaku industri otomotif di Indonesia untuk segera merancang dan membangun pengembangan mobil listrik yang lebih optimal,” ucapnya.

Baca juga : Perusahaan RI dan Korea Kerja Sama Produksi Motor Listrik, Bamsoet Dukung

Ia berharap, dengan pencanangan tersebut, menyatukan berbagai stakeholders baik pemerintah, swasta, individu, dan para pihak untuk terus berkomitmen mendukung agenda transisi energi dari fosil ke listrik guna menekan emisi karbon.

“Semoga Inabuyer EV Expo 2023 berjalan sukses, produktif, serta mampu mendorong kemitraan strategis nasional, dan rantai pasok yang kuat untuk meningkatkan belanja produk dalam negeri, sehingga dapat memperkuat ekonomi Indonesia,” harap Koko.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.