Dark/Light Mode

Manjakan Penyandang Disabilitas

AP I Genjot Layanan Bandara Internasional Yogyakarta

Sabtu, 12 Oktober 2019 08:21 WIB
Angkasa Pura I memberikan fasilitas tambahan bagi penyandang disabilitas di Bandara Internasional Yogyakarta.
Angkasa Pura I memberikan fasilitas tambahan bagi penyandang disabilitas di Bandara Internasional Yogyakarta.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I atau AP I (Persero) terus meningkatkan layanan kepada konsumen di Bandara Internasional Yogyakarta. Kali ini AP I memberikan tambahan fasilitas kepada penyandang disabilitas.

Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengungkapkan, dalam menyediakan layanan khusus ini pihaknya menggandeng komunitas Indonesia Caring.

"Kami mengapresiasi Komunitas Indonesia Caring yang telah ikut memberikan berbagai rekomendasi terhadap peningkatan sarana dan layanan bagi penyandang disabilitas di Bandara Internasional Yogyakarta," kata Faik dalam siaran persnya, Jumat (11/10).

Baca juga : AP II Perluas Bandara Minangkabau

Menurutnya, ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk menjadikan bandara Internasional Yogyakarta menjadi bandara pertama di Indonesia yang ramah aksesibilitas, fasilitas dan layanan bagi berbagai ragam penyandang disabilitas.

"Kami berusaha agar saat bandara ini beroperasi dengan penuh di tahun 2020 akan memiliki fasilitas yang nyaman bagi semua kalangan," ungkapnya.

PTS General Manager Bandara Internasional Yogyakarta, Agus Pandu Purnama menambahkan, secara spesifik kerjasama ini dilakukan melalui beragam kegiatan dengan komunitas disabilitas Yogyakarta yang tergabung dalam komunitas Indonesia Caring.

Baca juga : Indonesia Gaet Pengusaha Italia Genjot Perdagangan dan Investasi

Indonesia Caring sendiri merupakan komunitas gabungan dari ASITA (Associaton of the Indonesian Tours and Travel), YAKKUM (Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum), UCP (United Celebral Palsy), GERKATIN (Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia) dan SIGAB (Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel).

“Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini merupakan kegiatan lanjutan setelah sebelumnya diawali dengan beberapa tahap yaitu persiapan, survey dan induction. Kegiatan assessment ini dilaksanakan sebelum nantinya akan dituangkan dalam bentuk saran dan rekomendasi oleh rekan-rekan komunitas kepada penyelenggara fasilitas dan layanan di Bandara Internasional Yogyakarta,” papar Agus.

Dalam pelaksanaan assessment ini, Indonesia Caring melibatkan 25 orang dari berbagai ragam penyandang disabilitas yang terdiri dari penyandang disabilitas fisik sensori intelektual dan mental. Diharapkan kegiatan ini menghasilkan rekomendasi baik fisik maupun nonfisik sehingga tujuan Bandara Internasional Yogyakarta menjadi bandara yang ramah untuk segala jenis ragam disabilitas bisa tercapai.

Baca juga : Meroketnya Harga Tiket Karena Mahalnya Biaya Operasional Maskapai

“Ini merupakan langkah yang luar biasa dari Angkasa Pura I yang patut diapresiasi dalam menginisiasi dan mengupayakan pelayanan terbaik, dengan menggandeng kami selaku komunitas Indonesia Caring. Semoga kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi banyak bandara di Indonesia sehingga Indonesia bisa dikenal sebagai salah satu negara yang ramah untuk berbagai ragam penyandang disabilitas,” tegas Koordinator Indonesia Caring, Meira Marianti.[JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.