Dark/Light Mode

Polisi Tetapkan Ketua KPK Firli Bahuri Tersangka Pemerasan SYL

Rabu, 22 November 2023 23:50 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)
Ketua KPK Firli Bahuri (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polda Metro Jaya menetapkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri sebagai tersangka kasus pemerasan terhadap eks menteri pertanian (mentan) Syahrul Yasin Limpo alias SYL.

“Ditemukan bukti yang cukup untuk menetapkan saudara FB (Firli Bahuri) selaku Ketua KPK RI sebagai tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan atau penerimaan gratifikasi atau hadiah atau janji oleh pegawai negeri terkait penanganan permasalahan hukum di Kementan pada kurun waktu 2020 sampai 2023,” ujar Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak dalam konferensi pers, di Polda Metro Jaya, Rabu (22/11/2023) malam.

Baca juga : Dikawal Ketat Usai Diperiksa Dewas KPK, Firli Bahuri: Saya Sudah Sampaikan Semua

Menurut Ade, penetapan tersangka terhadap Firli ini diputuskan usai pihaknya melakukan gelar perkara tadi malam, sekitar pukul 19.00 WIB.

Dalam penyidikan perkara ini, total sudah 91 orang saksi dan 8 ahli yang diperiksa penyidik.

Baca juga : KPK Tetapkan Kajari Bondowoso Tersangka Suap Pengurusan Perkara

Firli sendiri sudah dua kali di Bareskrim Polri pada Selasa (24/10/2023) dan Jumat (20/10/2023).

Sebelumnya, polisi juga sudah menggeledah kediaman Firli di kawasan Bekasi dan sebuah rumah di Jalan Kertanegara Nomor 46, Jakarta Selatan.

Baca juga : Ruang Kerja Disegel KPK, Pius Lustrilanang Tengah Berada Di Korsel

Selain pemerasan, polisi juga menyangkakan pasal penerimaan gratifikasi dan suap untuk Firli Bahuri.

"Sebagaimana dimaksud dalam pasal 12e, 12B atau pasal 11 UU Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto pasal 65 KUHP, yang terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya pada sekitar tahun 2020-2023," tandas Ade.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.