Dark/Light Mode

Inovasi Equnix Seamless Encryption ESE 11DB/Postgres™

Rabu, 6 Desember 2023 18:01 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu upaya memperkuat keamanan siber adalah dengan memberi perhatian lebih pada langkah perlindungan terkait enkripsi data.

Inovasi enkripsi data seperti pada fitur Equnix Seamless Encryption (ESE) yang dihadirkan 11DB/Postgres™, memberikan perlindungan keamanan data tak tertandingi bagi korporasi yang menangani data sensitif, termasuk data pribadi dan korporasi.

Ada lima fungsi utama ESE 11DB/Postgres™. Pertama, perlindungan data yang komprehensif.

ESE mampu mengenkripsi kolom pada tabel secara persisten. ESE mengenkripsi data, baik dalam memori (in-use) maupun dalam storage (at-rest) sehingga penyerang tidak dapat mencuri data dengan memindai memori atau dump penyimpanan.

Didukung enkripsi AES-256 dan manajemen kunci yang aman ESE menggunakan enkripsi AES-256 standar industri untuk memastikan kuatnya keamanan data.

AES-256 merupakan algoritma enkripsi yang diakui secara global, sekaligus merupakan standar industri keuangan, karena tahan terhadap serangan brute-force.

Baca juga : Kolaborasi-Integrasi, Biar Gas Bumi Indonesia Gaspol

Selain algoritma enkripsi yang menjadi faktor keamanan data, tata cara dan tata kelola kunci enkripsi juga menjadi bagian yang sangat penting dalam mempengaruhi kekuatan sistem keamanan.

Oleh karena itu, keamanan data dapat ditingkatkan dengan manajemen kunci standar industri melalui HSM (Hardware Security Module) atau Perangkat Smartcard semacam Desfire v3.

Kedua, enkripsi tercepat dan pengindeksan yang dipatenkan ESE menjadi enkripsi RDBMS tercepat saat ini, karena implementasi proses enkrips dilaksanakan per kolom, sehingga enkripsi data hanya dilakukan pada data privasi/penting.

Hal ini menjadikan proses enkripsi menggunakan komputasi tinggi lebih sedikit sehingga kecepatannya lebih baik.

Hanya melakukan dekripsi data pada data yang akan ditampilkan atau dibutuhkan.

Ketiga, .engimplementasi metode pengindeksan yang dipatenkan. ESE mampu melakukan pencarian data yang dienkripsi secepat data yang tidak dienkripsi karena proses pencariannya tidak menggunakan Sequential Scan (scanning data secara berurutan, proses yang terjadi pada tabel yang tidak memiliki index), melainkan index scan pada data yang terenkripsi.

Baca juga : Pelita Air Buka Rute Penerbangan Jakarta - Sorong

Sehingga proses search tersebut tidak melibatkan proses dekripsi data yang lama.

Implementasi Index yang dapat digunakan untuk LIKE search dengan efisien dan tanpa melakukan proses dekripsi kolom yang dicari.

Keempat, enkripsi numerik untuk aritmatika terenkripsi. ESE tidak hanya melakukan enkripsi terhadap tipe data teks atau varchar, namun juga memiliki tipe data khusus numerik.

Enkripsi ini diperlukan untuk sistem transaksi online yang membutuhkan perubahan data dengan cukup dinamis.

Proses penambahan dan pengurangan aritmatik dapat dilakukan tanpa mengekspos data aslinya.

Dan kelima, asking data for ease of exchange. ESE memiliki fitur masking data untuk menampilkan data sensitif kepada pengguna yang tidak berkompeten sehingga memberikan kontrol granular yang lebih baik atas data yang sensitif.

Baca juga : BTN Sinergi Dengan MCI Bentuk BTN Fund Siap Biayai Startup Properti

Masking data memungkinkan korporasi untuk mengatur atau menyembunyikan data sensitif sehingga dimungkinkan berbagi data dengan pihak ketiga tanpa mengungkapkan informasi sensitif.

Semua fungsi perlindungan andal ESE 11DB/Postgres™ akan diluncurkan Equnix secara resmi di kuartal pertama 2024, dan ketersediaannya akan dirilis secara bertahap hingga tersedia bagi semua platform dan pengguna.

Secara keseluruhan, penguatan sistem keamanan siber adalah hal yang sangat penting.

"Dalam era digital di mana keamanan data sangat penting, sistem perlindungan data pribadi yang kuat telah menjadi prioritas bagi perusahaan dan organisasi pemerintah. Meningkatkan sumber daya keamanan siber jelas akan menjadi faktor penentu keberhasilan dalam melindungi data pribadi pengguna internet,” kata Julyanto.

“Kami berkomitmen untuk terus menyediakan solusi TI, salah satunya dengan solusi enkripsi terdepan yang memenuhi kebutuhan keamanan data yang mumpuni. ESE adalah bukti komitmen kami untuk membantu melindungi data sensitif korporasi, hak nasabah atas data mereka, dan membantu korporasi untuk mematuhi Peraturan Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) 2022 di Indonesia,” tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.