Dark/Light Mode

UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2023

Menteri Erick: Total Pendanaan Himbara Ke UMKM Capai Rp 1.600 T

Kamis, 7 Desember 2023 15:36 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: X Erick Thohir)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: X Erick Thohir)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, BUMN diamanatkan untuk menjaga dan merawat UMKM. Dan, ini merupakan bukti nyata Pemerintah hadir dan kerja nyata untuk masyarakat Indonesia.

Ia menyebut, total pendanaan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mencapai Rp 1.600 triliun. Realisasi itu dibukukan hingga September 2023.

Baca juga : Presiden Minta Penyaluran Kredit Ke UMKM Dipermudah

"Pendanaan Himbara ke UMKM merupakan dukungan Pemerintah terhadap pelaku usaha mikro untuk bisa masuk ke dalam ekosistem digital. Ada 30 juta UMKM yang difasilitasi agar masuk ke dalam ekosistem digital," ujarnya dalam acara Opening Ceremony UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2023 Crafting Global Connection di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (6/12/2023).

Dari jumlah pembiayaan Himbara, BRI menjadi bank pelat merah dengan alokasi pendanaan terbesar. Nilai yang digelontorkan BRI berada di angka 83 persen dari total Rp 1.600 triliun.

Baca juga : KTT ASEAN 2023, Menteri Erick Promosikan 3 UMKM Rumah BUMN

Erick memastikan, Kementerian BUMN selaku pemegang saham terus mendorong agar anggota Himbara lainnya dapat memperluas atau meningkatkan nilai pembiayaannya kepada UMKM. "Kebetulan ini bukan promosi BRI saja, karena BRI 83 persen, tetapi tentu kita berharap kita juga mendorong Himbara lainnya untuk bisa meningkatkan tingkatkan,” katanya.

Penyerapan produk UMKM oleh perseroan negara melalui ekosistem PaDi UMKM mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp 37,2 triliun sampai dengan Oktober tahun ini. Angka ini diperkirakan terus naik pada waktu-waktu mendatang.

Baca juga : Erick Pastikan, Pelayanan Publik BUMN Tetap Terjaga

“Pak di ekosistem pengadaan BUMN, yang mana kita targetkan di bawah Rp 300 juta itu harus UMKM, di mana masuk ke dalam platform PaDi UMKM yang kita diluncurkan sejak 2019 waktu itu,” jelas Erick.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.